Antar Prancis juara Piala Dunia 2018, Deschamps catat rekor langka

id prancis

Antar Prancis juara Piala Dunia 2018, Deschamps catat rekor langka

Sepak Bola Piala Dunia Final Prancis vs Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia (15 Juli 2018) Skor Mario Mandzukic dari Kroasia melakukan gol bunuh diri bagi gol pertama Prancis (REUTERS / Michael Dalder)

Jakarta (Antaranews Jateng) - Pelatih tim nasional Prancis, Didier Deschamps, baru saja mengantarkan negaranya menjadi juara Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia 4-2 di partai final yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu.

Berkat capaian tersebut nama Deschamps tercatat dalam rekor langka sebagai individu yang berhasil memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Sebelumnya, pada Piala Dunia 1998, Deschamps yang kala itu mengemban ban kapten sukses mengantarkan Prancis meraih trofi piala dunia pertama usai mengalahkan Brazil 3-0 di hadapan publik sendiri.

Deschamps merupakan individu ketiga yang berhasil mencapai prestasi tersebut, setelah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

Zagallo merupakan sosok pertama yang menorehkan prestasi tersebut dengan catatan menjuarai Piala Dunia 1958 dan 1962 bersama Brazil, kemudian menukangi negaranya saat menjadi kampiun Piala Dunia 1970.

Lantas pada Piala Dunia 1990, Beckenbauer mencapai hal serupa dengan menduduki kursi pelatih Jerman Barat saat menjadi juara di Italia, setelah sebelumnya ia mengangkat trofi Piala Dunia 1974 sebagai kapten negaranya itu.

Satu nama lain, sosok ikonik sepak bola Jerman Rudi Voeller --yang di bawah asuhan Beckenbauer menjuarai Piala Dunia 1990-- sempat berpeluang untuk menorehkan rekor serupa kala membawa negaranya ke final Piala Dunia 2002, namun saat itu Jerman kalah 0-2 di tangan Brazil.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar