Gerakan Pengendalian OPT Jagung dilaksanakan di Desa Lambur

id gerdal opt, stpp

Gerakan Pengendalian OPT Jagung dilaksanakan di Desa Lambur

Magelang - Gerakan Pengendalian (Gerdal) Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Jagung di Desa Lambur, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dilaksanakan pada 11 Juli 2018.

Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota Kelompok Tani Silo Desa Lambur sejumlah 30 peserta serta para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) II . Lokasi kegiatan adalah di lahan jagung milik salah satu anggotan kelompok tani.

Tujuan Pelaksanaan kegiatan Gerdal OPT Tanaman Jagung adalah dalam rangka melatih dan menyosialisasikan aplikasi penggunaan pestisida kepada petani dalam pengendalian OPT agar memperoleh hasil optimal.

Rangkaian acara dalam kegiatan Gerdal OPT Tanaman Jagung yang difasilitasi oleh Laboratorium Hama dan Penyakit Petarukan Pemalang adalah sebagai berikut :

1. Pembukaan

2. Sambutan Ketua Poktan Silo

3. Sambutan Kepala Desa Lambur

4. Sambutan Pimpinan Laboratorium Hama dan Penyakit Petarukan Pemalang

5. Materi pertama Gerdal OPT Tanaman Jagung oleh Wowo Sugarjito sebagai fasilitator dari Laboratorium Hama dan Penyakit Petarukan Pemalang

6. Materi kedua oleh M. Isrin dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan

7. Demontrasi Cara dan aplikasi Gerdal OPT Tanaman Jagung di lahan milik petani

8. Diskusi bersama fasilitator dan penyuluh BPP Kecamatan Kandangserang.

9. Penutup

Manfaat yang diperoleh dalam kegiatan tersebut di antaranya adalah meningkatnya pengetahuan petani bahwa penggunaan pestisida berdasarkan prinsip 5 T yaitu tepat sasaran, tepat jenis, tepat waktu, tepat dosis, tepat cara aplikasi. (stpp/tantyanuar)

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar