783 calhaj Wonosobo terbagi empat kloter

id calhaj wonosobo

783 calhaj Wonosobo terbagi empat kloter

Calon haji Kabupaten Wonosobo mengikuti bimbingan manasik haji. (Dinas Kominfo Wonosobo)

Wonosobo (Antaranews Jateng) - Sebanyak 783 calon haji di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah bakal diberangkatkan dalam empat kelompok terbang melalui Embarkasi Adi Sumarmo.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, Totok Jumantoro di Wonosobo, Rabu, mengatakan sebenarnya total jumlah calon haji ada 784 orang, namun satu calon haji meninggal.

"Satu calon haji atas nama Kliwon Suripto asal Kertek meninggal dunia sebelum berangkat sehingga yang diberangkatkan adalah 783 orang," katanya usai acara manasik terakhir di Gedung IPHI Mendolo, Wonosobo.

Ia menyebutkan, dari jumlah tersebut, 52 calon haji tergabung dalam kloter 31 berangkat pada 25 Juli 2018, kemudian pemberangkatan pada 26 Juli 2018 terdapat tiga kloter masing-masing sebanyak 355 calhaj, 355 calhaj, dan 22 calhaj.

"Seluruh jamaah bakal didampingi sekitar 20 petugas, baik dari TPHD, TPHI maupun TKHD dan TKHI," katanya.

Asisten Administrasi Setda Pemkab Wonosobo, Samsul Maarif menyampaikan doa dan harapan kepada seluruh calon haji asal Kabupaten Wonosobo.

"Atas nama Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, saya menyampaikan ucapan selamat jalan, semoga para calon haji Wonosobo diberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan, dan kekuatan untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah, baik wajib maupun sunah selama di Tanah Suci hingga nantinya diberikan keselamatan ketika kembali ke Tanah Air membawa predikat haji mabrur," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, Muhamad Thobiq meminta semua calon haji untuk menyiapkan fisik dan mental secara optimal.

"Kesiapan fisik dan mental sangat penting, mengingat apa yang harus dihadapi para jamaah haji selama berada di Mekah maupun Madinah untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah memang membutuhkan kekuatan dan kesehatan prima," katanya.

Selain itu, dia juga meminta agar setiap calon haji untuk menjaga kerukunan, kekompakan, dan mengedepankan semangat saling membantu kepada sesama jamaah.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar