Ganjar-Yasin sementara kalah di ring semen Rembang

id ganjar yasin, semen rembang

Ganjar-Yasin sementara kalah di ring semen Rembang

Seorang petugas KPPS melakukan penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di Rembang, Rabu (27/6). (Foto: Zuhdiar Laeis)

Rembang (Antaranews Jateng) - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ganjar Pranowo dan Taj Yasin kalah dalam perolehan suara sementara di sejumlah tempat pemungutan suara di kawasan ring I Pabrik Semen Rembang.

Berdasarkan hasil penghitungan suara di TPS 1 Desa Timbrangan, Kecamatan Gunem, Rembang, Rabu, Ganjar-Yasin yang memiliki nomor urut satu mendapatkan 80 suara, sedangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah 121 suara.

Sudirman-Ida yang diusung Gerindra, PKB, dan koalisi sejumlah parpol kembali unggul di TPS 3 Desa Timbrangan dengan 147 suara, sedangkan Ganjar-Yasin yang diusung PDI Perjuangan, PPP, dan sejumlah parpol 52 suara.

Namun, Ganjar-Yasin unggul dalam perolehan suara di TPS 2 Desa Timbrangan dengan mendapatkan 91 suara, sedangkan Sudirman-Ida 74 suara.
     
Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Timbrangan Pujo menyebutkan ada tiga TPS di desa tersebut dengan total perolehan suara Ganjar-Yasin sebanyak 223 suara dan Sudirman-Ida sebanyak 342 suara.

Pasangan Ganjar-Yasin kalah telak di Desa Kajar yang memiliki tiga TPS, yakni di TPS 1 dengan perolehan 100 suara, sedangkan Sudirman-Ida 104 suara. Di TPS 2 Desa Kajar, Ganjar-Yasin hanya mendapatkan 97 suara dan Sudirman-Ida 154 suara, sedangkan di TPS 3 Desa Kajar, Ganjar-Yasin mendapatkan 51 suara dan Sudirman-Ida 106 suara.
     
Demikian pula di Desa Tegaldowo yang juga masuk desa ring I Pabrik Semen Rembang, seperti di TPS  6 dengan perolehan 91 suara untuk Ganjar-Yasin dan 97 suara untuk Sudirman-Ida.

Ganjar-Yasin juga kalah tipis dengan perolehan 83 suara, sedangkan Sudirman-Ida 86 suara, kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 7 Desa Tegaldowo, Susjumilah.

Hasil perolehan total suara Pilgub Jateng 2018 untuk Desa Tegaldowo belum termasuk dari delapan TPS karena ada 10 TPS dan hasil dari Desa Pasucen yang juga masuk ring I Pabrik Semen Rembang.

Setidaknya ada lima desa yang masuk ring I Pabrik Semen Rembang, yakni Desa Timbrangan, Tegaldowo, Kajar, Pasucen yang masuk Kecamatan Gunem, kemudian Desa Kadiwono yang masuk Kecamatan Bulu.
     
Perolehan suara Ganjar-Yasin di Desa Kadiwono justru unggul, yakni TPS 1 dengan 166 suara dan Sudirman-Said 60 suara, di TPS 2 dengan 187 suara (Ganjar-Yasin) dan 52 suara (Sudirman-Said).

Pembangunan Pabrik Semen Rembang menimbulkan pro-kontra warga sekitar, terutama di ring I, antara lain dengan beberapa kali melakukan demo kepada Ganjar Pranowo yang menjabat Gubernur Jateng.
     
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar