Usai Lebaran, harga kebutuhan pokok di Purwokerto turun

id pasar manis purwokerto

Usai Lebaran, harga kebutuhan pokok di Purwokerto turun

Aktivitas perdagangan di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berangsur turun pascalebaran.
 
   Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Jumat, harga cabai merah keriting yang menjelang lebaran mencapai Rp50.000 per kilogram, saat sekarang sebesar Rp30.000 per kilogram.

     Penurunan harga juga terjadi pada cabai rawit hijau yang sebelumnya mencapai Rp57.500 per kilogram, turun menjadi Rp40.000 per kilogram, demikian pula dengan cabai rawit merah turun dari Rp49.000 per kilogram menjadi Rp35.000 per kilogram.

     Bahkan, harga daging ayam ras yang sempat melonjak hingga Rp60.000 per kilogram pada lebaran hari kedua (16/6), saat sekarang turun menjadi Rp43.000 per kilogram.

     Salah seorang pedagang sayuran, Yuni mengatakan penurunan harga cabai tersebut terjadi karena pasokan mulai lancar dan permintaan dari masyarakat cenderung berkurang.

     "Namun, untuk harga cabai merah besar justru kembali mengalami kenaikan setelah sempat turun dari Rp50.000 per kilogram menjadi Rp35.000 per kilogram. Saat sekarang, harga cabai merah besar Rp37.000 per kilogram," katanya.

     Ia mengatakan berdasarkan informasi dari pedagang besar, kenaikan harga cabai merah besar itu terjadi karena faktor hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir sehingga berdampak pada tanaman komoditas tersebut.

     Sementara itu, salah seorang pedagang daging ayam, Siti mengakui harga daging ayam ras cenderung mengalami penurunan seiring dengan lancarnya pasokan dan permintaan dari masyarakat mulai berkurang.

     "Semoga dalam beberapa hari ke depan bisa kembali seperti sebelum bulan Ramadhan hingga lebaran yang berkisar Rp33.000-Rp34.000 per kilogram," katanya.

     Selain komoditas pertanian, kenaikan harga juga terjadi pada telur ayam ras yang sempat bertahan pada kisaran Rp24.000 per kilogram saat sebelum lebaran hingga dua hari pascalebaran.

     "Sejak dua hari setelah lebaran, harga telur ayam ras naik menjadi Rp24.500 per kilogram dan sekarang sebesar Rp25.500 per kilogram. Kami hanya menyesuaikan harga dengan distributor," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar