Menhub: Arus balik masih terpantau lancar

id menhub,arus balik

Menhub: Arus balik masih terpantau lancar

Menhub Budi Karya Sumadi memantau arus balik Lebaran 2018 di Jembatan jalan tol Kali Kuto Kabupaten Batang. (Foto Kutnadi)

Batang (Antaranews Jateng) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa berdasar dari hasil pantauan udara arus balik Lebaran 2018 masih landai dan terpantau lancar.

"Hanya saja ketika kita menengok jembatan Kali Kuto Gringsing ada antrean meski tidak signifikan," katanya di Batang, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, antrean kendaraan tersebut karena ada dua jalur yang menuju arah Jakarta yang satu masuk jembatan tol Kali Kuto dan satu lagi kearah jalur nasional.

"Akan tetapi, karena arus balik belum mencapai puncaknya maka kondisi itu masih bisa dikendalikan. Adapun puncak arus balik diprediksi terjadi pada 19 dan 20 Juni 2018," katanya.

Kendati demikian, kata dia, meski saat ini kondisi arus balik masih relatif sepi maka sebaiknya pemudik kendaraan memanfaatkan waktu pulang tidak pada tanggal tersebut.

"Ini harus kita pelajari karena belum pada titik maksimal untuk arus balik dan mungkin mulai Senin sore (18/6) nanti sudah mulai titik maksimal," katanya.

Ia mengatakan pada kunjungannya ke jalur pantura Batang dan tol fungsional Batang-Semarang ini juga dalam rangkaian memaksimalkan kesiapan tempat rest area dari tol Batang hingga Cikopo.

Selain itu, kata dia, juga memastikan fungsi-fungsi Pertamina terhadap suplai bahan bakar minyak (BBM) dan pelayanan kesehatan yang ada di rest area.

"Untuk antisipasi puncak arus balik, kita sudah siap siagakan penuh (full) dengan berbagai tugas dengan Kementerian Perhubungan, Polri, Kementrian PUPR, Pertamina, Jasa Marga," katanya.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar