Tahun ini, 3 kasus korupsi di Kudus naik penyidikan

id kasus korupsi kudus,polres kudus targetkan,tuntaskan tiga kasus,korupsi,naik status,penyelidikan menjadi penyidikan

Tahun ini, 3 kasus korupsi di Kudus naik penyidikan

Kudus - Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning menyaksikan Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Onkoseno Grandiarso Sukahar membubuhkan tanda tangan pada acara serah terima jabatan dengan AKP Agus Supriadi Siswanto di Halaman Mapolres Kudus, Rabu (13/6). AKP Onkoseno G. Sukahar pindah tugas ke Polres Cilacap, sedangkan Polres Kudus dijabat AKP Agus Supriadi. (FOTO: Akhmad Nazaruddin Lathif)

     Kudus (Antaranews Jateng) - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menargetkan pada tahun 2018 bisa menyelesaikan tiga kasus dugaan korupsi dari status penyelidikan meningkat menjadi penyidikan, kata Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning.
     "Mudah-mudahan dengan adanya Kasat Reskrim yang baru dari sebelumnya dijabat AKP Onkoseno Grandiarso Sukahar kini digantikan AKP Agus Supriadi Siswanto target peningkatan status ketiga kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kudus bisa terwujud," ujarnya ditemui usai serah terima jabatan dari AKP Onkoseno Grandiarso Sukahar kepada AKP Agus Supriadi Siswanto sebagai kasat reskrim Polres Kudus yang baru di halaman Mapolres Kudus, Rabu.
     Apabila memungkinkan, kata dia, ketiga kasus tersebut bisa dituntaskan hingga berstatus P-21 pada tahun ini pula.
     Ia mengungkapkan ketiga kasus korupsi tersebut merupakan hasil penyelidikan pada tahun 2017.
     "Minimal setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang digelar pada 27 Juni 2018 bisa dimulai prosesnya," ujarnya tanpa mau menyebutkan ketiga kasus dugaan korupsi tersebut apakah menyangkut dana desa atau APBD Kudus.
     Ia mengakui untuk menyelesaikan ketiga kasus dugaan tindak pidana korupsi tersebut memang menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi unti Tipikor. 
     "Sebelumnya, ketiga kasus dugaan korupsi tersebut juga sudah dilakukan ekspos di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)," ujarnya.
     Kasatreskrim yang baru, diminta untuk memprioritaskan penyelesaikan ketiga kasus dugaan korupsi tersebut.
     Pada kesempatan tersebut, dia juga meminta kasatreskrim yang baru nanti bisa segera menyesuaikan dengna lingkungan tugas yang baru, termasuk bersama jajarannya.
     Selain ditargetkan bisa menyelesaikan tiga kasus dugaan korupsi di Kabupaten Kudus, kata dia, pejabat baru tersebut juga ditargetkan bisa menuntaskan sejumlah kasus yang belum terungkap, seperti kasus pencurian dengan pemberatan serta kasus pencurian kendaraan bermotor.
     Atas pengabdian Kasatreskrim AKP Onkoseni G. Sukahar selama empat bulan, dia juga menyampaikan apresiasinya meskipun baru menjabat selama empat bulan banyak pengungkapan kasus.
     Salah satu di antaranya, kasus pemroduksi minuman keras di Kudus yang gelarnya dihadiri langsung Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.
     "Hal terpenting ada peningkatan persentase pengungkapan kasus di Kudus," ujarnya.
     Meskipun baru menjabat empat bulan, kata dia, kasatreskrim yang lama berhasil meningkatkan pengungkapan kasus sepanjang periode empat bulan menjabat, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
     Ia berdoa semoga AKP Onkoseno Grandiarso Sukahar di tempat kerja yang baru bisa segera menyesuaikan dengan dengan lingkungan baru dan pengalaman bertugas di Polres Kudus selama empat bulan tentunya bisa menjadi bekal bertugas di Polres Cilacap.
Pewarta :
Editor: Zuhdiar Laeis
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar