"Posko MudikMu Aman" untuk mudik lancar

id arus mudik, posko mudik, pd muhammadiyah

"Posko MudikMu Aman" dibuka PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang di Jalan Raya Magelang-Yogyakarta, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. (Foto: Dokumen PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang)

kami mengimbau pemudik untuk tidak memaksakan diri apabila dalam perjalanan kondisi fisik tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan, manfaatkanlah lokasi-lokasi istirahat
Magelang (Antaranews Jateng) - Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang membuka "Posko MudikMu Aman" untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik, terutama yang melintasi jalur Semarang-Magelang-Yogyakarta agar lancar, aman, dan nyaman.

"Tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar pelaksanaan mudik bisa berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman," kata Koordinator "Posko MudikMu Aman" PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang Ahmad Dika Pratama di sela persiapan peresmian posko tersebut di Magelang, Selasa (12/6).

Ia menjelaskan "Mudikmu Aman" adalah program layanan sosial bagi pemudik untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan sebagai upaya mengurangi risiko gangguan dalam perjalanan mudik dan balik Lebaran.

"Posko MudikMu Aman" di Lantai 1 Kantor Muhammadiyah Kabupatan Magelang di Jalan Magelang-Yogyakarta Kilometer 11 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Berbagai layanan disiapkan di posko tersebut, antara lain tempat shalat, tempat istirahat, tempat parkir, toilet, dan air bersih.

Selain itu, fasilitas pengisian energi untuk perangkat komunikasi, layanan kesehatan, dan ambulans secara gratis.

"Jika nantinya pemudik masih dalam perjalanan dan ingin melaksanakan Shalat Idul Fitri, 'Posko MudikMu Aman' akan memberikan informasi tempat Shalat Idul Fitri terdekat," kat Dika yang juga Ketua Bidang Organisasi PD Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Magelang itu.

Sejumlah pihak yang terlibat dalam "Posko MudikMu Aman" yang didirikan Lembaga Amil, Zakat, Infak, dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) itu, antara lain personel Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB/MDMC), Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU), Pemuda Muhammadiyah, ‘Aisyiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, IPM, Tapak Suci Putera Muhammadiyah, dan Hizbul Wathan.

Posko dibuka selama 24 jam dengan petugas piket secara bergiliran.

"Sampai kampung halaman tujuan utama perjalanan mudik, oleh karenanya keselamatan dalam perjalanan adalah hal yang utama, kami mengimbau pemudik untuk tidak memaksakan diri apabila dalam perjalanan kondisi fisik tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan, manfaatkanlah lokasi-lokasi istirahat yang ada di sepanjang perjalanan," katanya.

Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar