Bupati Batang minta puskesmas siaga 24 jam

id bupati batang wihaji, tol

Bupati Batang minta puskesmas siaga 24 jam

Bupati Batang Wihaji dan romobonga meninjau jalan tol di daerah itu, Kamis (7/6). (Foto Kutnadi)

Kondisi 'rest area' sudah relatif layak dan lebih bagus dibanding Lebaran tahun sebelumnya sehingga lebih nyaman untuk tempat beristirahat pemudik
Batang (Antaranews Jateng) - Bupati Batang Wihaji meminta petugas pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit umum daerah setempat siaga 24 jam selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Operasional puskesmas 24 jam sebagai upaya memberikan pelayanan maksimal pada pemudik yang membutuhkan pertolongan medis," katanya di Batang, Kamis malam.

Ia meminta minta pihak RSUD dan puskesmas di sepanjang jalur mudik Lebaran di daerah itu untuk siaga penuh untuk memberikan pertolongan medis jika kecelakaan lalu lintas, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Menurut dia, dengan dibukanya jalur tol fungsional Batang-Semarang diperkirakan arus mudik berkendara akan padat melalui jalur itu sehingga perlu adanya kewaspadaan para pengemudi.

"Kendati demikian, kami tetap akan menyiagakan petugas medis terutama di sepanjang jalur tol fungsional itu agar jika saat terjadi kecelakaan korban dapat tertangani secara cepat," katanya.

Pemkab juga sudah akan menyiagakan petugas pemadan kebakaran (damkar), petugas perhubungan, dan satpol pamong praja agar pemudik merasa nyaman dan aman.

"Ini untuk memberikan rasa nyaman pada masyarakat selama arus mudik Lebaran, Kami juga akan menyiapkan puluhan mobil dan motor ambulans selama musim mudik Lebaran di sejumlah titik rawan kecelakaan," katanya.

Terkait dengan panjangnya jalur tol fungsional yang melintasi Kabupaten Batang, kata dia, para pemudik perlu berhati-hati dan waspada saat ingin keluar dari jalur tol menuju jalur pantura.

"Kami ingatkan pemudik bisa menggunakan beberapa 'exit' tol yang telah disediakan seperti 'exit' Tol Soko Duet, 'exit' Tol Kandeman, dan 'exit' Tol Gringsing," katanya didampingi Sekretaris Daerah Pemkab Batang Nasikhin.

Pemda telah menyediakan enam "rest area", yaitu di wilayah Desa Candiareng dan Krensengm serta empat lainnya "rest area" berstatus darurat di sepanjang jalur tol fungsional Batang-Semarang.

"Kondisi 'rest area' sudah relatif layak dan lebih bagus dibanding Lebaran tahun sebelumnya sehingga lebih nyaman untuk tempat beristirahat pemudik," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar