STPP Magelang berperan dalam program Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045

id STPP Magelang, indonesia lumbung pangan

STPP Magelang berperan dalam program Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045

Mahasiswa STPP Magelang terjun ke lapangan untuk melakukan pendampingan kepada petani dan peternak di desa-desa. (Foto: STPP Magelang)

Magelang - Kementerian Pertanian makin rajin terjun langsung ke daerah guna memastikan percepatan luas tambah tanam guna menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 berjalan sesuai dengan target. 

Seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Kementan diminta ikut menyukseskan program ini, tidak terkecuali Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Jawa Tengah, yang ikut andil dengan menerjunkan mahasiswa tingkat dua dalam program pendampingan ke sejumlah daerah di Jateng.

Tidak hanya mendatangkan mahasiswa sebagai bantuan tenaga untuk kegiatan percepatan luas tambah tanam dan panen, Kementan juga memberi bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani. 

Di lapangan, mahasiswa juga membantu penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan tenaga kesehatan hewan dinas terkait.

Kegiatan pendampingan tersebut saat ini hampir usai. Selama Ramadan 2018, kegiatan mahasiswa di lapangan tidak begitu padat seperti sebelumnya, mereka hanya mengikuti kegiatan yang rutin dilakukan oleh PPL setempat, yaitu pendataan sapi yang layak untuk menjadi bibit guna penerbitan SKLB (Surat Keterangan layak Bibit). 

Selain mendata sapi layak bibit, dokter hewan setempat juga ikut serta dalam pengambilan sampel darah sapi untuk diujikan serta ada beberapa petugas dari Distapang mengukur kondisi sapi serta memasang nomor di telinga.

"Keberadaan mahasiswa di sini sangat membantu kegiatan di lapangan kami dari dinas. Masyarakat setempat juga menyambut gembira mahasiswa ini sehingga pengetahuan tentang peternakan dan teknologi terbaru dapat tersampaikan kepada masyarakat," ujar Sutrisno, seorang petugas lapangan Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kebumen, Jateng.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar