16 atlet NPC ikuti kejuaraan bulu tangkis di Irlandia

id NPC Indonesia ikuti turnamen, Bulu Tangkis di Irlandia

16 atlet NPC ikuti kejuaraan bulu tangkis di Irlandia

Para atlet bulu tangkis putri NPC Indonesia sedang mengikuti latihan untuk meningkatkan stamina di Fitness UNS Manahan Solo, Kamis. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Solo (Antaranews Jateng) - Sebanyak 16 atlet putra dan putri National Paralympic Committee (NPC) Indonesia akan dikirim mengikuti kejuaraan bulu tangkis terbuka 2018 di Irlandia yang digelar pada 20-24 Juni.

"Kami sudah mempersiapkan 16 atlet disabilitas yang terdiri tiga putri dan 13 putra untuk try out ke Irlandia guna mengetahui atau mengukur kekuatan atletnya selama Pelatnas persiapan Asian Para Games 2018," kata Pelatih Bulu Tangkis NPC Indonesia Yunita Ambar Wulandari, di Solo, Kamis.

Menurut Yunita, rombongan atlet bulu tangkis NPC Indonesia rencana diberangkatkan ke Irlandia usai Lebaran atau tanggal 17 Juni mendatang.

Oleh karena itu, kata Wulandari yang melatih pebulutangkis putri, terus melakukan latihan rutin di Gedung B Sritex Solo, baik pagi dan sore hari untuk menjaga stamina atletnya sebelum mereka berangkat ke luar negeri mengikuti try out.

"Atlet NPC Indonesia untuk cabang olahraga bulu tangkis mentalnya sudah dapat dan teknik juga bagus, sehingga mereka siap bersaing dengan pemain-pemain luar negeri seperti Tiongkok, Perancis, Inggris, Irlandia, Finlandia, India, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Australia, dan negara lainnya," katanya.

Menurut Yunita, Indonesia berani bersaing di tingkat internasional karena sudah dibuktikan pada Turnamen Para-Bulutangkis yang diselenggarakan oleh Dubai Club for People of Determination Turnamen bulu tangkis untuk para penyandang disabilitas pertama di Timur Tengah di Dubai, pada 12 hingga 15 April 2018.

"Indonesia berhasil menyabet empat medali emas, dua perak dan dua perunggu, sekaligus menyandang gelar juara umum menyingkirkan Tiongkok," kata Yunita.

Menurut dia, atlet NPC Indonesia pada turnamen di Irlandia tersebut yang berpeluang merebut medali antara lain Leani Ratri Oktila yang turun di kelas L4 baik tunggal maupun ganda putri bersama Dheva Anrimustri, sedangkan putranya Hari Susanto, Ukun Rukendi, dan Suryo Nugroho.

"Atlet Indonesia Leani pada Turnamen di Dubai berhasil merebut tiga emas melalui nomor tunggal, ganda putri dan ganda campuran bersama Hari Susanto," katanya.

Pada turnamen di Irlandia sebagai ajang pemanasan persiapan untuk ?di Asian Para Games (APG) 2018 di Jakarta-Palembang Oktober mendatang. Pada cabang olahraga bulu tangkis. Tim bulu tangkis ditargetkan untuk meraih empat medali emas di APG kali ini. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar