Mau tukar uang di bank, catat tanggal mainnya

id Bi, penukaran uang, lebaran

Mau tukar uang di bank, catat tanggal mainnya

Semarang - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Hamid Ponco Wibowo menunjukkan uang pecahan kecil di layanan penukaran uang di kawasan GOR Tril Lomba Juang, Semarang, Senin (21/5). (Foto: Zuhdiar Laeis)

Semarang (Antaranews Jateng) - Hari Raya Idul Fitri merupakan momen spesial bagi banyak orang untuk berbagi rezeki (zakat, sedekah, infak), yang salah satu caranya adalah memberikan bingkisan barang atau uang.

Bila yang akan dibagikan adalah duit, uang kertas lembaran baru merupakan pilihan, agar orang yang menerima bertambah senang. Oleh karena itu setiap Ramadhan banyak orang ingin menukar uang kertas baru untuk dibagikan kepada sesama.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah siap melayani hingga 800 penukaran uang rupiah/hari mulai 21-24 Mei 2018. Praktis hanya 4 hari.

"Kami bekerja sama dengan enam bank pemerintah dan dua bank swasta untuk melayani," kata Kepala Kantor Perwakilan B Jateng Hamid Ponco Wibowo di Semarang, Senin.

Hal tersebut diungkapkannya di sela pembukaan layanan penukaran uang rupiah di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang Semarang atau biasa disebut Mugas.

Untuk keperluan penukaran uang rupiah itu, kata dia, BI menyediakan sekitar Rp23,2 triliun untuk wilayah Jateng, mliputi Semarang, Tegal, Solo, dan Purwokerto.

"Kalau Semarang, kami siapkan Rp9,7 triliun yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menukar uangnya ke pecahan kecil," katanya.

Diakuinya, animo penukaran uang ke pecahan kecil memang meningkat menjelang Lebaran sehingga pihaknya berupaya memberikan pelayanan baik kepada masyarakat.

"Tidak perlu khawatir, waktunya cukup panjang. Dari Senin-Kamis (21-24/5). Bisa juga di 58 bank di wilayah Semarang, cukup datang ke bank-bank terdekat," katanya.

Ponco mengingatkan masyarakat untuk tidak menukarkan uang di pinggir-pinggir jalan agar meminimalisasi peredaran uang palsu dan meminimalkan potensi kerugian konsumen.

"Bisa saja, dalam jumlah uang yang ditukar enggak ada 100 lembar, kurang. Bisa juga terima uang palsu. Ya, makanya jangan menukar uang selain di bank," katanya.

Mengenai layanan penukaran uang rupiah itu, ia mengatakan pihaknya menyediakan uang pecahan mulai Rp5.000 hingga Rp20 ribu, dan ada pula paket penukaran lainnya.

Selain itu, BI juga berencana membuka layanan penukaran uang di Rest Area Tol Ungaran, Kabupaten Semarang, pada 5-7 Juni 2018 untuk menyambut kedatangan pemudik.

"Perkiraan kami, sudah banyak yang mudik menuju Jateng karena 8 Juni mendatang sudah liburan. Makanya, kami buka penukaran uang di Rest Area Tol Ungaran," ungkap Ponco.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar