Libatkan warga, KPU Temanggung mulai sortir dan lipat surat suara pilkada

id sortir lipat,surat suara

Libatkan warga, KPU Temanggung mulai sortir dan lipat surat suara pilkada

Sejumlah warga melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Jateng di Graha Pintar Pemilu Temanggung. (Heru Suyitno)

Temanggung (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko di Temanggung, Rabu, mengatakan mulai hari  ini KPU Kabupaten Temanggung melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pilgub dengan melibatkan puluhan warga sekitar KPU Temanggung.

Ia menuturkan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Jateng yang berlangsung di Graha Pintar Pemilu Temanggung tersebut direncanakan selesai dalam lima hari.

Jumlah surat suara yang diterima untuk pilgub sebanyak 69.722 lembar. Jumlah tersebut dari hitungan daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen per TPS sebagai cadangan.

"Surat suara diterima KPU Temanggung pada Jumat (11/5) malam dikemas dalam 304 boks masing-masing berisi sekitar 2.000 lembar dan satu boks berisi 1.722 lembar," katanya.

Pada hari pertama penyortiran dan pelipatan ini ditemukan sejumlah surat suara rusak dan langsung ditempatkan dalam wadah tersendiri.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Agus Istanto menambahkan surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung 2018 sudah tiba di kantor KPU dari  percetakan di Jakarta.

"Jumlah surat suara pilbup juga sama sebanyak 69.722 lembar ditambah cadangan 2,5 persen tiap TPS," katanya.

Ia mengatakan surat suara yang rusak akan disampaikan pada percetakan untuk mendapat ganti.

     

"Surat suara rusak akan disampaikan untuk selanjutnya mendapat ganti.  Kerusakan itu bisa jadi karena robek, terdapat lubang dan tinta cetak tidak sempurna," katanya. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar