Baru 30,25 persen WP badan di Jateng II lapor SPT

id lapor spt, pajak

Baru 30,25 persen WP badan di Jateng II lapor SPT

Pelaporan SPT melalui efiling dilaksanakan oleh Kanwil DJP Jateng II (Foto: dokumentasi Kantor Pajak) (

Solo (Antaranews Jateng) - Realisasi pelaporan surat pemberitahuan tahunan wajib pajak badan di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II hingga saat ini mencapai 30,25 persen.

"Hingga akhir tahun ini target kami minimal tingkat kepatuhannya mencapai 75 persen," kata Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Rida Handanu di Solo, Selasa.

Ia mengatakan berdasarkan data dari jumlah WP badan terdaftar wajib SPT yang mencapai 64.051 WP, hingga tanggal 16 April 2018 yang sudah melaporkan sebanyak 19.375 WP.

Menurut dia, untuk batas akhir pelaporan SPT tahunan WP badan hingga tanggal 30 April 2018. Ia mengatakan jika WP badan melaporkannya melebihi batas waktu tersebut akan dikenakan denda sebesar Rp1 juta.

Meski demikian, jika sebelum batas akhir pelaporan SPT tahunan, WP tersebut mengajukan perpanjangan maka tidak akan dikenakan sanksi. Untuk perpanjangan sendiri yaitu sampai tiga bulan mulai dari akhir April 2018.

"Kalau WP badan ini kan tidak sama dengan orang pribadi. Biasanya ini terkait dengan laporan keuangannya. Umumnya baru selesai bulan Maret sehingga baru bisa menyampaikan SPT setelah itu," katanya.

Mengenai perpanjangan, dikatakannya, WP bisa memberikan alasan, selanjutnya KPP (Kantor Pajak Pratama, red) bisa memberikan perpanjangan hingga tiga bulan, yaitu Mei-Juli.

Adapun, Kanwil DJP Jawa Tengah II meliputi beberapa daerah di Jawa Tengah, yaitu Purwokerto, Cilacap, Kebumen, Magelang, Karanganyar, Surakarta, Boyolali, Klaten, Purbalingga, Purworejo, Sukoharjo, dan Temanggung.

Dari daerah ini, jumlah WP badan wajib SPT terbanyak yaitu di Kabupaten Karanganyar yang mencapai 103.095 WP. Sedangkan untuk capaiannya, hingga saat ini baru mencapai 58,37 persen atau 60.179 WP.

"Harapan kami jumlah ini terus meningkat sehingga target tingkat kepatuhan bisa tercapai," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Immanuel Citra Senjaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar