Tarik wisatawan, Lokawisata Baturraden perlu dibangun panggung terbuka

id baturraden,lokawisata baturraden

Tarik wisatawan, Lokawisata Baturraden perlu dibangun panggung terbuka

Sejumlah wisatawan menikmati sejuknya air Sungai Gumawang di Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas. (Foto: Dok. UPT Lokawisata Baturraden)

Semarang (Antaranews Jateng) - Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko menggagas pembangunan panggung terbuka di Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, untuk menarik minat wisatawan berkunjung di daerah ini.

"Saya sarankan kepada Pak Urip (Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin) mungkin perlu didirikan panggung semipermanen agar bisa untuk pentas seni secara berkala," katanya di Semarang, Kamis.

Dengan adanya pertunjukan pentas kesenian tradisional secara berkala diharapkan akan meramaikan wisatawan yang berkunjung sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar.

Mantan Bupati Purbalingga itu mengapresiasi dibangunnya berbagai sarana dan prasarana di Lokawisata Baturraden.

Pengelola Lokawisata Baturraden sebelumnya telah membangun puluhan bangunan kios yang disewakan kepada para pedagang.

Heru berharap adanya sarana dan prasarana pendukung di Lokawisata Baturraden itu, para pengunjung bisa terlayani dengan baik sehingga jumlah kunjungan, lama tinggal, serta daya beli wisatawan semakin meningkat.

Politikus PDI Perjuangan itu juga berpesan kepada pelaku wisata maupun pengunjung untuk terus menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan pengelola.

Untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan budaya berperilaku hidup bersih, kata dia, Pemprov Jateng juga menggelar kegiatan sebagai bagian dari Program Sapta Pesona yang diikuti oleh ratusan orang terdiri atas para pelaku wisata di Lokawisata Baturraden.

"Kami ingin menunjukkan bahwa kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama. Tentu ada petugas kebersihan dan prasarananya, tetapi para pengunjung dan kita semua penghasil sampah sehingga diharapkan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar