Jateng menggagas penyelenggaraan Popda sampai ke daerah-daerah

id Heru Sudjatmoko,wakil gubernur jateng

Jateng menggagas penyelenggaraan Popda sampai ke daerah-daerah

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko (Foto:ANTARAJATENG.COM/Wisnu Adhi N.)

Semarang (Antaranews Jateng) - Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko menggagas penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah tingkat provinsi bisa sampai ke daerah-daerah, tidak hanya terpusat di kota-kota besar.

"Dengan demikian, Popda diharapkan dapat didayagunakan secara optimal sebagai sarana pembinaan berkelanjutan, sekaligus dapat memacu semangat berolahraga di kalangan masyarakat, termasuk di daerah-daerah," katanya di Semarang, Selasa.

Menurut Heru, jika Popda dilaksanakan di daerah, bibit-bibit unggul yang potensinya banyak tersimpan di perdesaan dapat ikut bangkit memberi kontribusi dalam meraih prestasi olahraga.

Bagaimanapun, kata dia, daerah harus dapat menjadi pusat pembinaan dan sumber atlet-atlet olahraga yang berbakat dan berprestasi.

"Konsekuensinya, sarana dan prasarana olah raga di daerah harus terus ditingkatkan atau dibenahi. Demikian pula, pusat-pusat pembinaan serta pembibitan atlet harus pula ditumbuhkembangkan," ujarnya.

Heru menginstruksikan bupati/wali kota di Jateng untuk benar-benar memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap perkembangan olahraga di daerah masing-masing.

"Kepada seluruh peserta saya minta dapat mengikuti Popda dengan penuh semangat dan disiplin yang tinggi, berikanlah yang terbaik untuk mencapai prestasi terdepan yang dapat mengharumkan nama bangsa dan negara," katanya.

Mantan Bupati Purbalingga itu menambahkan, Popda tingkat Provinsi Jateng harus dapat dijadikan sebagai barometer dan evaluasi bagi pelaksanaan pembinaan olahraga di sekolah.

Tidak kalah penting, pertandingan yang dilaksanakan harus mengacu pada olahraga prestasi yang dibutuhkan pada kegiatan nasional maupun internasional.

"Banyak PR (pekerjaan rumah, red) yang belum kita selesaikan dalam rangka memajukan prestasi olahraga di Jateng," ujarnya.

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar