Sambut Paskah, sejumlah gereja di Purwokerto disterilisasi (VIDEO)

id sterilisasi gereja purwokerto,polres brimob sterilisasi

Sambut Paskah, sejumlah gereja di Purwokerto disterilisasi (VIDEO)

Personel Brimob Polda Jateng saat melakukan sterilisasi di Gereja Santo Yosep, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (29/3/2018). (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Petugas Kepolisian Resor Banyumas dibantu personel Brimob Kepolisian Daerah Jawa Tengah melaksanakan sterilisasi sejumlah gereja di kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, menjelang perayaan wafatnya Isa Almasih.

Salah satu gereja yang disterilisasi oleh petugas, Kamis siang, yakni Gereja Katolik Santo Yosep yang berlokasi di Jalan Kaliputih, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Dalam sterilisasi tersebut, personel Brimob menyisir seluruh ruangan maupun halaman gereja untuk mencari benda-benda terlarang atau mencurigakan.

Saat ditemui wartawan, Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun mengatakan pihaknya melaksanakan sterilisasi terhadap seluruh gereja yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Total ada 99 gereja, namun yang menjadi prioritas karena jemaatnya sangat banyak itu ada delapan gereja, terletak di kota Purwokerto," katanya.

Ia mengatakan dalam melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan cukup banyak anggota, yakni sebanyak 469 personel untuk mengamankan seluruh gereja di Kabupaten Banyumas.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya akan menjaga semua kegiatan di setiap gereja sejak pagi hingga malam hari.

Khusus untuk gereja-gereja yang jumlah jemaatnya sangat banyak sepert Gereja Santo Yosep, lanjut dia, pihaknya menempatkan 10--20 personel Polres Banyumas agar benar-benar bisa menjangkau seluruh area di sekitarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Paroki Gereja Santo Yosep Purwokerto Aloysius Primoryza Bimas Dewantoro memperkirakan jumlah jemaat yang menghadiri perayaan wafatnya Isa Almasih di Gereja Santo Yosep sekitar 500--700 orang.

"Puncaknya diperkirakan pada hari Sabtu atau saat perayaan Paskah karena jumlah jemaat yang hadir diperkirakan mencapai 800 orang," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau jemaat untuk membawa barang bawaan secukupnya, yakni hanya barang-barang yang dibutuhkan untuk peribadatan.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar