Unsoed buka layanan Klinik Pratama Soedirman

id klinik pratama soedirman,unsoed purwokerto

Unsoed buka layanan Klinik Pratama Soedirman

Rektor Unsoed Achmad Iqbal saat meninjau fasilitas tempat pendaftaran Klinik Pratama Soedirman yang baru dibuka di Kampus Kedokteran Gigi Unsoed, Purwokerto, Senin (19/3/2018). (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto membuka layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melalui Klinik Pratama Soedirman.

Klinik yang berlokasi di Kampus Fakultas Kedokteran Gigi, Jalan Jenderal Soedirman Timur, Purwokerto, diresmikan oleh Rektor Unsoed Achmad Iqbal, Selasa.

Saat memberi sambutan, Rektor Unsoed Achmad Iqbal mengharapkan Klinik Pratama Soedirman dikelola secara profesional dan memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat maupun mahasiswa.

"Hanya yang saya minta pengelola klinik pratama ini betul-betul profesional seperti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP milik Unsoed, red.). Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mahasiswa," katanya.

Ia mengatakan dengan memberikan pelayanan dan manajemen terbaik, Klinik Pratama Soedirman bisa mendapatkan akreditasi paripurna.

Dia yakin Klinik Pratama Soedirman akan menjadi cikal bakal berdirinya rumah sakit pendidikan.

Sementara saat meninjau sejumlah fasilitas yang dimiliki Klinik Pratama Soedirman, khususnya di tempat pendaftaran pasien, Rektor meminta agar jangan berorientasi pada administrasi keuangan ketika ada pasien yang hendak mendaftar.

"Selama ini, keluhan-keluhan yang sering muncul berkaitan dengan masalah uang saat mendaftar. Jangan sampai terjadi seperti itu, berikan yang terbaik bagi masyarakat," tegasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Unsoed Kuat Puji Prayitno mengatakan Klinik Pratama Soedirman ke depan diproyeksikan menjadi rumah sakit karena luas lahannya mencukupi kebutuhan, yakni sekitar 3.000 meter persegi.

Bahkan ketika investor yang telah menjalin kerja sama dengan Unsoed, kata dia, sempat menanyakan kenapa tidak langsung dibangun rumah sakit.

"Namun perizinan yang kami ajukan sudah jalan, yakni untuk klinik pratama. Kemungkinan dalam tiga tahun ke depan akan dikembangkan menjadi klinik utama dan selanjutnya menjadi rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan Klinik Pratama Unsoed memberikan layanan pemeriksaan dokter umum, pemeriksaan gigi, kebidanan, laboratorium, dan beberapa layanan lainnya.

Menurut dia, untuk sementara Klinik Pratama Soedirman hanya memberikan layanan rawat jalan dan nantinya akan dibuka layanan rawat inap.

"Tindakan-tindakan medis yang tidak memungkinkan dilaksanakan di sini (Klinik Pratama Soedirman, red,), kami punya jejaring dengan RSGMP maupun RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto," katanya.

Klinik Pratama Soedirman juga akan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar