Puluhan hektare padi di Cilacap terendam banjir

id tanaman padi terendam,tanggul jebol

Puluhan hektare padi di Cilacap terendam banjir

Sebagian tanaman padi yang terendam banjir di Desa Tegalsari, Kecamatan Sidareja, Cilacap, Jumat (9/3/3018), akibat jebolnya tanggul Sungai Cibereum. (Foto: Dok. Kecamatan Sidareja)

Cilacap (Antaranews Jateng) - Sekitar 20 hektare tanaman padi di Desa Tegalsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Cibereum, kata Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Kecamatan Sidareja Aji Pramono.

"Tanggul Sungai Cibereum itu jebol tadi malam karena tidak mampu menampung air saat terjadi hujan lebat," katanya di Cilacap, Jumat.

Ia mengatakan tanggul dengan tinggi 3 meter itu jebol sepanjang 5 meter sehingga airnya menggenangi area persawahan di sekitarnya.

Padahal, kata dia, sebagian tanaman padi yang terendam banjir itu hampir panen karena sudah berusia sekitar 80 hari setelah tanam.

"Kalau genangan airnya tidak segera surut, petani terancam gagal panen," ujarnya.

Selain merendam tanaman padi, kata dia, air dari Sungai Cibereum itu juga menggenangi pekarangan rumah warga dengan tinggi genangan sekitar 30 centimeter.

Ia mengatakan berdasarkan pendataan sementara tercatat sekitar 80 rumah yang halamannya tergenang air.

Menurut dia, Pemerintah Kecamatan Sidareja akan segera melaporkan kejadian itu ke Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Cilacap.

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar