"Solo Great Sale" tak terlalu pengaruhi okupansi hotel

id Solo Great Sale

"Solo Great Sale" tak terlalu pengaruhi okupansi hotel

Ilustrasi - PR Manager Hotel Syariah Solo Paramita Sari Indah W (kanan) memberikan kartu elektonik atau Solo Great Sale Car 2018 kepada salah satu pengunjung, Jumat. (Foto: Bambang Dwi Marwoto)

Solo (Antaranews Jateng) - Perhelatan "Solo Great Sale (SGS) 2018" yang dilaksanakan sepanjang bulan ini tidak terlalu memengaruhi tingkat okupansi hotel yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Pada bulan ini tingkat keterisian hotel kami lebih karena momentum `long weekend` pada saat Imlek lalu," kata Public Relations Manager Syariah Hotel Solo Paramita Sari Indah W di Solo, Selasa.

Selain itu, pada bulan ini banyak juga grup yang masuk untuk melakukan kegiatan yang kebetulan memang dilakukan pada Februari.

Ia mengatakan secara komposisi, dari banyaknya tamu yang masuk, untuk tamu "walk in" sebesar 10 persen, grup 50 persen, dan yang melalui "online travel agent" (OTA) sekitar 30 persen.

"Pengaruh SGS ini tidak terlalu signifikan, kebanyakan tamu `walk in` yang memanfaatkan momentum ini," katanya.

Untuk tamu mayoritas yang berasal dari OTA dan grup, katanya, banyak tidak memanfaatkan momentum SGS karena minimnya sosialisasi.

"Oleh karena itu, ke depan kami berharap panitia SGS lebih banyak mempromosikan kegiatan ini, khususnya melalui sarana `online`," katanya.

Ia juga berharap ke depan potongan pajak tidak hanya dikenakan untuk hotel di Solo tetapi juga di Soloraya sehingga lebih banyak masyarakat yang bisa memanfaatkannya.

"Yang utama, hotel yang ada di luar Solo juga bisa mendapatkan keuntungan yang sama dari keikutsertaannya dalam program tersebut," katanya.

Public Relations Novotel dan Ibis Solo Tiwik Widowati mengatakan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, tingkat okupansi selama Februari hanya mengalami sedikit kenaikan, tepatnya naik satu persen.

"Pada bulan ini tingkat okupansi Novotel di angka 70 persen dan Ibis 67 persen," katanya.

Meski tidak berdampak pada kenaikan yang signifikan, katanya, SGS memberikan keuntungan kepada para tamu yang menginap.

"Para tamu berkesempatan mendapatkan hadiah yang ditawarkan pada program SGS ini," katanya.

Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar