Apindo Jateng tingkatkan kecakapan pegawai bagian SDM

id Apindo,sdm, sertifikasi

Apindo Jateng tingkatkan kecakapan pegawai bagian SDM

Solo (Antaranews Jateng) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah meningkatkan kecakapan pegawai bagian sumber daya manusia (HRD) melalui sertifikasi.

"Di sini kami hanya menginisiasi dan memfasilitasi karena sebetulnya ini kan kebutuhan perusahaan," kata Wakil Ketua Apindo Surakarta Wahyu Heryanto di Solo, Jumat.

Pada fasilitasi sertifikasi HRD tersebut, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Untuk tahap pertama ini ditargetkan akan ada 50 HRD yang mengikuti program sertifikasi tersebut.

"Pada tahap awal ini kami mulai dari HRD dulu, ke depan kami berharap semua bisa tersertifikasi. Memang kami mulai dari HRD dulu karena kami ingin mereka lebih cakap dalam melakukan hubungan industrial," katanya.

Sementara itu, mengenai sertifikasi karyawan perusahaan sesuai dengan bidang pekerjan, dikatakannya, belum akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Kami melihat ini belum terlalu `urgent` dilakukan karena sebetulnya sertifikasi untuk pekerja perusahaan harus disesuaikan oleh masing-masing perusahaan sehingga seharusnya perusahaanlah yang memfasilitasinya. Kalau HRD kan lebih antara internal dengan eksternalnya," katanya.

Mengenai kemampuan pekerja perusahaan, dikatakannya, sejauh ini tidak ada keluhan dari perusahaan yang masuk ke Apindo. Melihat hal itu, ia menilai artinya sejauh ini tidak ada permasalahan krusial antara perusahaan dengan pekerja.

"Bahkan tenaga kerja yang ada di Kota Solo sering dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan yang ada di daerah lain di Soloraya. Apalagi saat ini kan banyak perusahaan yang pindah dari DKI Jakarta ke Jawa Tengah salah satunya wilayah Soloraya," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan jika kebutuhan tenaga kerja oleh perusahaan makin besar, fasilitasi sertifikasi akan dilakukan per bidang kerja.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar