Pasokan minim, harga bawang merah naik jadi Rp31.000/kg

id bawang merah,harga bawang merah

Pasokan minim, harga bawang merah naik jadi Rp31.000/kg

Dua orang ibu rumah tangga saat membeli bawang merah di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Harga bawang merah di pasar tradisional kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami kenaikan secara bertahap akibat minimnya pasokan dari daerah penghasil komoditas pertanian itu.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Rabu, harga bawang merah saat sekarang mencapai Rp31 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan sebesar Rp6.000,00 per kilogram dalam satu pekan terakhir.

Pedagang Pasar Manis Supri mengakui jika satu pekan sebelumnya, harga bawang merah berada pada kisaran Rp25 ribu/kilogram.

"Hampir setiap hari mengalami kenaikan, rata-rata sebesar Rp1.000,00/kilogram," katanya.

Ia mengatakan bahwa penaikan harga bawang merah terjadi akibat tingginya curah hujan di daerah Brebes yang merupakan sentra penghasil komoditas pertanian tersebut yang berdampak pada berkurangnya pasokan dari petani.

Bahkan, berdasarkan informasi terakhir, kata dia, ratusan hektare lahan pertanian bawang merah di Brebes terendam banjir sehingga petani gagal panen.

Selain bawang merah, harga beberapa jenis cabai juga mengalami penaikan, seperti cabai rawit hijau naik dari Rp42.500,00/kilogram menjadi Rp45 ribu/kilogram.

Harga cabai rawit merah yang sempat turun hingga kisaran Rp43 ribu s.d. Rp45 ribu/kilogram kembali naik secara bertahap dan saat ini telah mencapai Rp55 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga cabai merah besar dan cabai merah keriting dalam satu pekan terakhir bertahan pada kisaran Rp42.500,00 s.d. Rp43 ribu/kilogram setelah naik dari sebelumnya yang sebesar Rp40 ribu/kilogram.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar