UMP kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi Australia

id ump kerja sama,universitas muhammadiyah purwokerto

UMP kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi Australia

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kerja Sama UMP Jebul Suroso Ns (dua dari kiri) didampingi anggota Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof Edy Suwandi Hamid (kiri) menyerahkan plakat kepada perwakilan Holmsgen. (Foto: Dok. UMP)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Australia, antara lain Holmesglen Institute dan Victoria University.

"Kami melakukan kerja sama dengan Holmesglen Institute di Melbourne, Australia, dalam rangka menyiapkan program vokasi di antaranya bidang bahasa Inggris, kesehatan, dan teknik untuk menuju `go` internasional," kata Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kerja Sama UMP Jebul Suroso Ns dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Purwokerto, Rabu.

Ia mengharapkan UMP ke depan bisa menjadi International English Language Testing System (IELTS) Central sehingga perguruan tinggi Muhammadiyah itu makin mendunia.

Dalam kunjungannya di Australia, pihaknya juga membuat nota kesepahaman dengan Departemen Pendidikan Negara Bagian Victoria, khususnya Victoria University.

Melalui nota kepahaman tersebut, lanjut dia, kedua belah pihak sepakat mengimplementasikan kerja sama, baik di bidang staf, pertukaran pelajar, maupun studi lanjut.

"Selanjutnya UMP bakal mengirim mahasiswa untuk `exchange`, serta `short course` untuk `leader`, dosen, dan staf," katanya.

Jebul mengatakan khusus untuk bidang program studi lanjut bagi para dosen di antaranya latihan kepemimpinan serta kursus akademis jangka pendek seperti penulisan dan publikasi ilmiah.

Ia mengharapkan kerja sama dengan perguruan tinggi Australia tersebut akan mempercepat upaya UMP untuk "go internasional", baik dalam hal mutu pendidikan maupun pengajaran.

Jebul mengatakan kunjungan ke Australia itu juga melibatkan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Dikti Litbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka Internasionalisasi Dakwah Muhammadiyah melalui bidang pendidikan, kesehatan, sosial, serta pengembangan ekonomi umat untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa dan umat.

"Dalam waktu dekat, Muhammadiyah akan mendirikan Sekolah Pendidikan Islam di Australia, yakni pendidikan dasar hingga menengah yang bertujuan untuk mengenalkan Islam yang damai dan berkemajuan di Australia," katanya.

Sebelumnya, delegasi UMP telah melakukan kunjungan dalam rangka menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Korea Selatan dan Taiwan.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar