BPBD Banjarnegara amankan lokasi longsor dari kerumunan warga

id proses pembersihan,longsor paweden

BPBD Banjarnegara amankan lokasi longsor dari kerumunan warga

Proses pembersihan jalan provinsi di Desa Paweden, Banjarnegara, dari material longsor. (Foto: BPBD Banjarnegara)

Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara, Jawa Tengah, mengamankan area terdampak longsor dan tanah bergerak di Desa Paweden dari kerumunan warga yang memadati lokasi kejadian.

"Petugas telah melakukan pengamanan area terdampak dari kerumunan warga, karena banyak warga yang berkunjung ke lokasi longsoran," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman di Banjarnegara, Selasa.

BPBD mengingatkan masyarakat sekitar agar tidak mendekat ke lokasi kejadian karena dinilai sangat berbahaya.

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak mendekat ke lokasi kejadian, karena pada saat ini pergerakan tanah masih terus terjadi akibat banyaknya aliran air yang membentuk genangan," katanya.

Para petugas, kata Arief, sempat mengalami kesulitan mengendalikan warga yang ingin mendekat ke lokasi kejadian.

Dia mengatakan pada saat ini petugas masih terus melakukan upaya pembersihan jalan dari material longsor.

"Upaya pembersihan jalan diperkirakan telah mencapai 40 persen," katanya.

Proses pembersihan badan jalan dari material longsor, kata dia, menggunakan tujuh alat berat milik BPBD Banjarnegara dan Bina Marga.

Sebelumnya, BPBD Banjarnegara menginformasikan adanya tebing longsor yang menutup akses jalan provinsi di Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar.

Dia mengatakan, pergerakan tanah terjadi setelah hujan mengguyur hampir seluruh wilayah di Banjarnegara pada Kamis (8/2).

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya peningkatan curah hujan di wilayah Jawa Tengah hingga beberapa hari ke depan termasuk di Banjarnegara.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar