Perempuan pemanjat menara SUTET diturunkan

id perempuan, panjat, sutet

Perempuan pemanjat menara SUTET diturunkan

Tim SAR menurunkan seorang perempuan yang nekat memanjat menara SUTET di Desa Kuripan, Kecamatan Kesugihan, CIlacap. Rabu (31/1/2018) (Foto: Dok Basarnas Pos SAR Cilacap)

Cilacap (Antaranews Jateng) - Tim "search and rescue" (SAR) gabungan mengevakuasi seorang perempuan yang nekat memanjat menara saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) di Desa Kuripan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Evakuasi tersebut dilakukan setelah kami menerima informasi dari anggota Polsek Kesugihan, Bripka Mardi yang menyebutkan adanya seseorang melakukan percobaan bunuh diri dengan cara memanjat menara SUTET," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap Mulwahyono di Cilacap, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya segera mendatangi lokasi kejadian dengan membawa peralatan pertolongan tegak lurus (vertical rescue) untuk mengevakuasi pelaku.

Menurut dia, proses evakuasi berjalan lebih kurang selama satu jam dengan cara "lowering system" atau menurunkan korban/pelaku dari ketinggian dengan menggunakan tandem.

"Perempuan itu berhasil diturunkan dalam keadaan selamat pada pukul 10.50 WIB dan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Kesugihan," ucapnya.

Ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, perempuan itu diketahui bernama Munarti (34), warga Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas.

Selain Basarnas, kata dia, evakuasi terhadap perempuan yang memanjat menara SUTET juga melibatkan personel Polsek Kesugihan, PLN, PLTU Karangkandri, Pemerintah Desa Kuripan, dan warga sekitar.


Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar