Watford tunjuk Javi Garcia sebagai juru taktik baru

id Pemain Watford, Doucoure

Watford tunjuk Javi Garcia sebagai juru taktik baru

Pemain Watford. (Reuters)

London (Antaranews Jateng) - Watford menunjuk Javi Gracia asal Spanyol untuk menjadi manajer pada Minggu, beberapa jam setelah memecat Marco Silva dan menyalahkan klub rival di Liga Inggris untuk keterpurukan mereka.

Gracia (47) meneken kontrak 18 bulan dengan Watford yang menghuni peringkat kesepuluh di klasemen. 

"Watford FC dengan gembira mengumumkan penunjukan Javi Gracia sebagai pelatih kepala yang baru di klub," kata pihak klub melalui situs resmi mereka (www.watfordfc.com). 

"Selama dua musim dengan Malaga, ia berturut-turut finis di sepuluh besar Liga Spanyol, serta mampu mengalahkan juara Liga Champions dan Liga Spanyol saat itu Barcelona di Camp Nou pada Februari 2015." 

Pada musim berikutnya, Malaga tidak terkalahkan saat melawan Real Madrid dan Atletico Madrid dan finis di peringkat kedelapan di Liga Spanyol. 

Gracia pindah ke Rubin Kazan untuk musim 2016/2017, namun hengkang setelah mereka finis di peringkat kesembilan di Liga Rusia. 

Everton telah mengincar Silva untuk menggantikan manajer asal Belanda Ronald Koeman pada November, namun menolak meminta izin untuk mendekati dia dan kemudian justru mempekerjakan mantan manajer timnas Inggris Sam Allardyce. 

Tanpa menyebut Everton, Watford mengkiritik klub Merseyside untuk ketertarikan mereka terhadap Silva, yang mereka yakini mulai tidak merasa nyaman sebagai manajer dan mempengaruhi skuad yang memulai musim dengan cukup baik dan sempat mencapai peringkat keempat di klasemen. 

"Ini adalah keputusan yang sulit dan (keputusan) yang tidak diambil dengan mudah," kata Watford. 

"Klub yakin bahwa penunjukan Silva merupakan hal yang tepat dan seandainya bukan karena pendekatan tidak beralasan dari rival di Liga Inggris untuk jasa-jasanya, kami akan terus berkembang di bawah kepemimpinannya." 

"Katalis untuk keputusan ini adalah bahwa pendekatan yang tidak beralasan itu, sesuatu yang dewan yakini merupakan kemerosotan signifikan dalam fokus dan hasil-hasil ke poin di mana masa depan jangka panjang Watford FC berada dalam bahaya." 

Silva (40) bergabung ke Watford dari Hull City dengan kontrak dua tahun pada musim panas dan membawa mereka ke peringkat keempat setelah delapan pertandingan. 

Sejak itu Watford kesulitan tampil konsisten, hanya menang satu kali dari 11 pertandingan liganya. 

Mereka takluk 0-2 dari Leicester City pada Sabtu, kekalahan ketiga mereka dari empat pertandingan liga. 

Gracia, yang pernah bermain untuk sejumlah klub Liga Spanyol termasuk Athletic Bilbao dan Villarreal, akan menjadi manajer kesepuluh Watford sejak keluarga Pozzo mengambil alih klub enam tahun silam. 

Mereka akan mengunjungi markas Southampton di putaran keempat Piala FA dan Stoke City di Liga Inggris pada 31 Januari. 


Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar