55.284 warga Solo terima JKN KIS

id jkn,kis

55.284 warga Solo terima JKN KIS

Masyarakat Kota Solo menerima JKN KIS dari Pemkot Surakarta. (Foto: Aris Wasita)

Solo (Antaranews Jateng) - Sebanyak 55.284 warga kurang mampu di Kota Solo telah menerima fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) dari Pemerintah Kota Surakarta.

"Hingga kini Pemkot Surakarta sudah menerbitkan total tersebut. Dengan demikian, tinggal 13 persen yang belum ter`cover` jaminan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Solo Siti Wahyuningsih di sela pemberian kartu JKN KIS di Pendhapi Ageng Balai Kota Surakarta, Senin.

Ia mengatakan untuk hari ini total sebanyak 1.200 kartu yang dibagikan kepada masyarakat. Rencana besok, sebanyak 850 kartu yang kembali dibagikan.

Pihaknya menargetkan hingga bulan Februari 2018, seluruh warga kurang mampu di Kota Solo sudah terlindungi oleh jaminan kesehatan tersebut.

Terkait dengan pembagian JKN KIS untuk warga rentan miskin tersebut, dikatakannya, menggunakan APBD Kota Surakarta serta ditanggung oleh APBD Provinsi dan APBN.

"Memang untuk warga yang berkategori miskin atau rentan miskin, kepesertaan BPJS Kesehatan dapat diusulkan untuk memperoleh pembiayaan dari pemerintah, baik pusat, Provinsi Jateng, maupun Kota Solo. Sedangkan warga berkategori mampu diharapkan bisa membiayai secara mandiri," katanya.

Menurut dia, khusus masyarakat yang berstatus karyawan swasta, DKK Kota Surakarta telah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan agar perusahaan segera mendaftarkan karyawannya untuk memperoleh jaminan kesehatan sebagaimana aturan yang berlaku.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo berharap jaminan kesehatan tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat.

"Di sisi lain, kami juga akan berupaya terus meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Solo agar masyarakat lebih nyaman ketika berobat," katanya.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar