Petani di Banyumas diminta segera tanam kembali

id kadinas pertanian widarso,tanam padi

Petani di Banyumas diminta segera tanam kembali

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Widarso. (Foto: Sumarwoto)

Banyumas (Antaranews Jateng) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengimbau petani yang telah selesai panen untuk segera menanam padi kembali.

"Sekarang tanam padi dulu, setelah ini tanam palawija khususnya kedelai," kata Kepala Dintan KP Banyumas Widarso di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jumat.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan karena saat sekarang masih musim hujan sehingga ketersediaan air mencukupi kebutuhan.

Terkait dengan rencana penanaman palawija, dia mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan pendataan lahan yang akan digunakan untuk mendukung program pemerintah tersebut.

"Namun saat menanam palawija juga harus cepat, paling lambat bulan Juli sudah harus tanam kedelai," katanya.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui secara pasti metode penamanan kedelai yang akan diterapkan, apakah menggunakan salibu atau sistem tanam yang lain.

"Ini karena program pemerintah, jadi kami belum mengetahui secara pasti sistem yang akan digunakan," ujarnya.

Lebih lanjut, Widarso mengatakan saat sekarang sudah didata perluasan tanam untuk area baru yang ditujukan bagi lahan yang belum pernah tanam kedelai sehingga akan diikutkan dalam program pemerintah tersebut.

"Di sini (Desa Tinggarjaya) ada 150 hektare lahan yang belum atau tidak biasa tanam, akan tanam kedelai. Ini terobosan positif, mudah-mudahan nanti sukses," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar