Jateng netral selesaikan permasalahan buruh-pengusaha

id herus sudjatmiko, buruh pengusaha, semarang

Jateng netral selesaikan permasalahan buruh-pengusaha

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko (Foto: Wisnu Adhi N.)

Semarang, (Antaraews Jateng) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya bersikap netral dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang terkait dengan buruh dan pengusaha.

"Pemerintah mesti bersikap `fair` saat menjadi penengah, tidak boleh berat sebelah. Kalangan buruh harus diperhatikan, demikian juga investor," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di Semarang, Jumat.

Wagub menyebutkan, buruh dan pengusaha seringkali mengalami tarik ulur yang alot, terutama ketika membahas besaran upah minimum kabupaten/kota.

"Di antara kedua belah pihak itu, pasti ada peran pemerintah yang menjadi penengah," ujar mantan Bupati Purbalingga itu.

Menurut dia, kalangan buruh dan pengusaha atau investor harus sama-sama diperhatikan oleh pemerintah.

"Jika perekonomian semakin maju, maka pertumbuhannya tambah bagus, tentu kelenturan dalam upah minimum harus diutamakan agar kesejahteraan buruh meningkat dan pengusaha tidak dirugikan," katanya.

Untuk mengetahui secara persis bagaimana kondisi perusahaan setiap tahun, kata Wagub, pemerintah sebaiknya memiliki sistem untuk memantaunya.

Kendati demikian, hingga saat ini sistem tersebut belum tersedia, padahal jika pemerintah memiliki sistem yang bisa memantau kondisi perusahaan, akan lebih mudah untuk memberikan intervensi, baik untuk kebutuhan buruh maupun perusahaan.
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar