BKKBN Jateng gandeng empat PT sosialisasikan kependudukan

id bkkbn, gandeng perguruan tinggi

BKKBN Jateng gandeng empat PT sosialisasikan kependudukan

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Jateng Nurrudin Pribadi (Foto: ANTARAJATENG.COM/Nur Istibsaroh)

Semarang, Antaranews Jateng - BKKBN Provinsi Jawa Tengah telah menggandeng empat perguruan tinggi untuk menyosialisasikan pendidikan kependudukan yang merupakan bagian untuk menerapkan Sekolah Siaga Kependudukan.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Jateng Nurrudin Pribadi di Semarang, Kamis, menyebutkan empat perguruan tinggi tersebut yakni UIN Walisongo Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), dan Universitas Widya Dharma Klaten.

"Materi pendidikan kependudukan kami sampaikan melalui kuliah umum serta diintegrasikan dengan PIK Mahasiswa," kata Nurrudin Pribadi.

Selain ke perguruan tinggi, BKKBN Provinsi Jateng juga menyasar tingkat sekolah melalui OPD kabupaten/kota serta melalui jalur Diklat di sejumlah titik bidang pelatihan pengembangan di antaranya, di Kabupaten Pati, Kabupaten Ambarawa, dan Kabupaten Banyumas.

Untuk yang di lembaga diklat, biasanya digabungkan dengan materi pendidikan kependudukan yang merupakan bagian dari program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"Tidak hanya formal, tetapi ada juga jalur informal melalui kelompok kegiatan seperti koalisi kependudukan, penggerak PKK, Forum Antar Umat Beragama Peduli Kependudukan dan Keluarga Sejahtera atau Fapsedu, pakar demografi," katanya.

Nurrudin mengaku hingga saat ini BKKBN Provinsi Jateng masih menunggu petunjuk teknis mengenai Sekolah Siaga Kependudukan agar lebih mudah untuk menjalin kerja sama dengan sekolah maupun dinas pendidikan.

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar