Wali Kota Persilakan Pedagang Sekaten Manfaatkan Lahan

id WALI KOTA SOLO

Wali Kota Persilakan Pedagang Sekaten Manfaatkan Lahan

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo

Solo, ANTARA JATENG - Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mempersilakan pedagang yang mengikuti acara Sekaten memanfaatkan lahan yang ada, baik di Alun-Alun Selatan maupun di Alun-Alun Utara, meskipun terjadi kasus dugaan penipuan yang dilakukan oleh pihak Keraton Solo.

"Memang Alun-Alun Utara itu sudah disewa oleh pemkot, pedagang Sekaten silakan kalau mau memanfaatkan tetapi hanya yang di sebelah timur," katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Mengenai kasus sewa-menyewa lahan di Alun-Alun Utara yang mengakibatkan adik Paku Buwono XIII, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Benowo, ditangkap oleh aparat kepolisian setempat, Rudi menyatakan hal itu tidak berhubungan dengan Pemerintah Kota Solo.

"Yang pasti saat kami membayar uang sewa tersebut, beliau-beliau (pihak keraton, red.) ini tahu semua," kata dia.

Terkait dengan hal itu, ia mengatakan bahwa barang yang sudah disewakan kepada seseorang tidak boleh disewakan kepada pihak lain.

"Orang yang menyewakan itu tidak punya hak untuk menyewakan kepada pihak lain. Kalau disewakan namanya pungutan liar. Kalau sudah begitu, kami kan punya Saber Pungli. Meski demikian kami tetap mempersilakan kalau pedagang mau memanfaatkan," kata dia.

Kepolisian Resor Kota Surakarta belum lama ini menahan dua orang terkait dengan dugaan penipuan dan penggelapan uang sewa Alun-Alun Utara untuk Pasar Rakyat Sekaten Solo 2017.

Keduanya adalah Pengageng Pariwisata Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Benowo dan Ketua Pengelola Pasar Rakyat Sekaten Solo Robby Hendro Purnomo.

Keduanya dilaporkan ke polisi oleh sejumlah pedagang yang mengaku ditipu karena para pedagang sudah membayarkan uang sewa namun tidak memperoleh hak sesuai yang dijanjikan.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar