78 Pelanggar Terjaring Operasi Rutin di Batang

id razia kendaraan, polres batang

78 Pelanggar Terjaring Operasi Rutin di Batang

Ilustrasi- Temanggung- Razia kendaraan, Petugas polisi memeriksa identitas dan surat-surat kendaraan bermotor saat dilakukan razia di jalan utama kota Temanggung, Jateng, Senin (26/9). (Foto: ANTARA/Anis Efizudin/ed/pd/11)

Batang, ANTARA JATENG - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, memberikan 78 bukti pelanggaran pada pengendara dan mengamankan 68 sepeda motor serta 10 mobil pada operasi rutin, Rabu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Adiel Ariesto di Batang mengatakan bahwa giat razia kendaraan merupakan program rutin satuan lalu lintas untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan serta meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas pada masyarakat.

"Itu merupakan program rutin dengan target menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Selain itu, meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas karena kecelakaan bermula dari tidak tertibnya dalam berkendara.

Sebanyak 78 pelanggar tersebut terdiri atas tidak mengenakan helm sebanyak 54 orang, tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) empat orang, dan tidak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK) 20 orang.

Di samping itu, ada sejumlah jenis kendaraan yang juga diamankan petugas, yaitu 68 sepeda motor dan kendaraan roda empat 10 unit.

"Semua pengendara yang melanggar kami berikan tilang elektronik (e-tilang) untuk menghindari praktik pungutan liar," katanya.

Berdasar data kasus kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017, terjadi 17 kasus atau turun dari data pada tahun sebelumnya sebanyak 32 kasus.

"Kami mengimbau masyarakat tertib dalam berkendaraan, baik menyiapkan kelengkapan berkendara maupun surat sah kendaraan," katanya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar