Nekat Beroperasi, Sebelas Truk Nonsembako Ditilang Polisi

id truk nekat beroperasi

Nekat Beroperasi, Sebelas Truk Nonsembako Ditilang Polisi

Petugas Satlantas Polres Kota Surakarta sedang menindak truk bermuatan non sembako yang nekat beroperasi di Jalan Mangun Baskoro Kadipiro Palang Joglo Solo, Kamis. (FOTO:ANTARAJATENG.COM/Bambang Dwi Marwoto)

Solo, ANTARA JATENG - Satuan Lalu Lintas Polres Kota Surakarta telah menindak 11 pengemudi truk yang mengangkut barang nonsembako di jalur utama arus mudik di Kota Solo, Kamis, atau pada H-3 Lebaran 2017.

Anggota Satuan Lalu Lintas menghentikan truk-truk nonbarang bahan kebutuhan pokok, dan memberikan surat bukti pelanggaran kepada para pengemudi yang terjaring.

Kepala Satlantas Polres Kota Surakarta Kompol Imam Syafi`i menegaskan, truk yang memuat nonbahan makanan pada H-3 Lebaran di jalan utama akan dihentikan dan diberikan sanksi dengan surat tilang.

Pihaknya sudah memberikan imbauan sesuai peraturan Menteri Perhubungan truk yang tidak mengangkut kebutuan pokok dilarang melintas pada H-4 Lebaran hingga H+3 Lebaran. Hal ini, tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 40 tahun 2017.

Ia mengatakan bahwa anggotanya terus memantau di lapangan dan masih menemukan truk tidak membawa barang kebutuhan pokok yang nekat melintas. Polisi saat melakukan operasi sepanjang Jalan Mangun Baskoro Kadipiro kawasan Palang Joglo Solo mengamankan 11 truk bermuatan nonsembako melintas.

Arus mudik terutama kendaraan pribadi yang masuk ke Kota Solo pada H-3 Lebaran mulai meningkatn dibanding hari sebelumnya. Peningkatan terpantau sekitar pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor juga mulai memadati Kota Solo terutama dari arah Semarang terutama pada sore hingga malam hari.

Kendati demikian, Imam Syafi`i memperkirakan puncak arus mudik di Kota Solo terjadi pada H-2 hingga H-1 Lebaran.

"Kami mengimbau pemudik tujuan Sragen dan Jawa Timur untuk melintas jalan alternatif Tol Soker melalui pintu masuk Ngasem Colomadu Karanganyar, untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kartasura Sukoharjo dan Kota Solo.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar