Menteri Perindustrian Gelar Rapat Bahas Impor Pacul

id menteri perindustrian gelar rapat bahas impor pacul

Menteri Perindustrian Gelar Rapat Bahas Impor Pacul

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. ( ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta, Antara Jateng - Kementerian Perindustrian Airlangga Hartarto menggelar rapat untuk membahas impor pacul dan menyatakan bahwa sebagian besar cangkul yang digunakan di Indonesia merupakan produk dalam negeri.

"Memang ada impor, tapi jumlahnya kecil. Yang kemarin itu impornya 86.000, sedangkan kebutuhannya 10 juta. Saat ini masih rapat," ujar Airlangga di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan impor perkakas petani untuk mencangkul dilakukan karena ada permintaan dari dalam negeri. "Ya, kemarin Januari ada permintaan," katanya.

Namun Airlangga menegaskan bahwa pemerintah mengupayakan agar impor pacul tidak terjadi lagi karena produsen dalam negeri masih mampu mencukupi kebutuhan perkakas maupun bahan bakunya.

"Tidak. Krakatau Steel sudah bisa produksi bahan bakunya, Barata sudah bisa bikin paculnya dan IKM sudah bisa membuat pacul," katanya.

Rapat tentang impor cangkul antara lain dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Syarif Hidayat, Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Luar Negeri Dody Edward.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar