Talud Jebol, SMP Ma'arif NU Banyumas Diterjang Longsor

id talud jebol smp maarif nu banyumas diterjang longsor

Talud Jebol, SMP Ma'arif NU Banyumas Diterjang Longsor

Ilustrasi tanah longsor

"Peristiwa ini terjadi pada hari Selasa (23/2), sekitar pukul 16.50 WIB, setelah talud yang baru selesai dibangun itu jebol. Wilayah ini diguyur hujan selama dua hari dua malam," kata guru Olahraga SMP Ma'arif NU 2 Ajibarang Wahyu, Ari Wibowo, di Desa Jingkang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Rabu.

Sebelum peristiwa itu terjadi, kata dia, sempat terdengar suara gemuruh dari atas yang disusul dengan ambruknya talud dan dinding ruangan kelas tersebut.

Akibat kejadian tersebut, lanjut dia, satu ruang kelas mengalami rusak parah sedangkan dua kelas lainnya hanya terkena dampaknya.

"Dua ruang yang terkena dampaknya, yakni satu kelas dindingnya roboh dan satu kelas atapnya yang ambruk. Beruntung saat kejadian, kegiatan belajar mengajar sudah selesai sehingga tidak menimbulkan korban jiwa," katanya.

Oleh karena kondisi ruangan kelasnya mengalami kerusakan, kata dia, siswa Kelas VII A, VII B, dan VII C mengikuti kegiatan belajar mengajar di mushala, Laboratorium IPA, dan gudang.

Menurut dia, gudang tersebut sebelumnya merupakan ruang kelas namun sekarang kondisinya sudah tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar.

"Siswa dipulangkan lebih awal setelah mereka bekerja bakti di ruang kelas mereka yang rusak," katanya.

Terkait talud yang jebol, Wahyu mengatakan bahwa bangunan yang baru selesai pengerjaannya sekitar satu minggu itu sebenarnya ditujukan untuk pelebaran halaman sekolah.

Setelah talud tersebut selesai dibangun, kata dia, rencananya akan ditinggikan dan dipadatkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan siswa.

"Namun sebelum pemadatan dilakukan, ternyata malah keburu longsor," katanya.
Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar