Agar Tepat Sasaran, Temanggung Validasi Penerima Raskin

id agar tepat sasaran temanggung validasi penerima raskin

Agar Tepat Sasaran, Temanggung Validasi Penerima Raskin

Ilusrtrasi - Warga dari keluarga miskin mengangkut sekarung beras saat penyaluran raskin. (Foto Antara)

"Kami sudah menyampaikan surat edaran ke desa-desa untuk melakukan validasi data rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) penerima raskin agar tidak ada lagi RTS-PM yang salah sasaran," kata Kasubag Ekonomi Daerah, Bagian Perekonomian Setda Temanggung, Entargo Yutri Wardono di Temanggung, Jumat.

Ia mengatakan pada bulan Januari ini disalurkan operasi pasar khusus pengganti raskin ke-13 tahun 2014, sedangkan raskin 2015 mulai disalurkan bulan Februari mendatang.

Sesuai data yang dari pusat, katanya, jumlah penerima raskin di Temanggung sebanyak 51.816 RTS-PM. Jumlah ini masih sama dengan jumlah RTS-PM pada 2014.

"Jumlah penerima masih sama, belum ada perubahan sama sekali, begitu pula dengan jumlah raskin yang akan dibagikan sebanyak 77.240 kilogram per bulan," katanya.

Ia menuturkan data RTS-PM bisa mengalami perubahan manakala saat melakukan validasi atau pemutakhiran data ada perubahan, misalnya ada rumah tangga yang tidak layak lagi menerima raskin, nanti akan diganti dengan yang baru atau akan hilang jika memang tidak ada penggantinya melalui musyawarah desa.

"Perubahan RTS-PM bisa saja berubah tapi harus melalui musyawarah desa yang dihadiri oleh semua unsur di desa, kemudian hasilnya dituangkan dalam berita acara, data itu baru sah digunakan," katanya.

Ia menargetkan pada 20 Febuari 2015 semua data RTS-PM yang baru sudah masuk ke kabupaten sehingga raskin maksimal bisa disalurkan pada akhir Febuari 2015.

Menyinggung mekanisme penyaluran raskin, dia mengatakan tidak ada perubahan, raskin dibagikan setiap satu bulan sekali, dengan jumlah raskin yang diterimakan sebanyak 15 kilogram untuk setiap RTS-PM dengan harga tebus Rp1.600 per kilogram.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar