Pengusaha Rugi Miliaran Rupiah Akibat Jembatan Comal Ambrol

id pengusaha rugi miliaran rupiah akibat jembatan comal ambrol

Pengusaha Rugi Miliaran Rupiah Akibat Jembatan Comal Ambrol

Pekerja menyelesaikan perbaikan jembatan yang amblas di jalur pantura Comal, Pemalang, Jateng, Jumat (18/7). Dua jembatan sebelah utara dan selatan penghubung Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur itu amblas sehingga jalur pantura ditutup total dan ken

"Sangat disayangkan karena kondisi ini terjadi di saat masyarakat sedang sangat membutuhkan transportasi baik untuk mengirimkan barang maupun perjalanan mereka," ujarnya di Semarang, Rabu.

Frans mengatakan sektor usaha yang mengalami kerugian paling besar yaitu sektor transportasi karena biaya operasional yang semakin membengkak salah satunya bahan bakar.

Sektor lain yang juga harus mengalami kerugian hingga miliaran rupiah yaitu industri manufaktur dimana pengusaha kesulitan untuk mempercepat proses produksi yang biasanya pada jelang Lebaran jumlah produksi mengalami peningkatan.

"Terutama untuk industri makanan dan pakaian yang akan mengalami peningkatan tajam karena dua inilah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat Lebaran," ujarnya.

Belum lagi pihak manajemen perusahaan terpaksa harus membayar denda atau pinalti karena terlambat memenuhi batas akhir produksi, ditambah lagi mereka harus membayar sopir kendaraan lebih tinggi dari biasanya karena biaya operasional juga bertambah.

"Kalau sudah dihitung tentu kerugian sangat besar terutama untuk barang yang dikirimkan dari Jakarta ke Semarang maupun sebaliknya," katanya.

Menurutnya hal tersebut menjadi pelajaran besar bagi Pemerintah agar ke depan selalu memperhatikan dan mengawasi kondisi infratruktur terutama yang berada di rute utama.

"Jangan sampai tahun depan terjadi kondisi serupa, menurut saya amblasnya Jembatan Comal ini karena akibat dari pengawasan yang tidak maksimal dan perawatan kurang baik," katanya.
Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar