ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Senin, 23 Oktober 2017

Sumber Berita Merasa Tenang Hadapi Wartawan Kompeten

| 195 Views
id wartawan, jurnalistik
Sumber Berita Merasa Tenang Hadapi Wartawan Kompeten
Logo PWI. (Foto Istimewa)
Profesi wartawan harus kompeten dan kredibel serta profesional,
Semarang, ANTARA JATENG - Sejumlah sumber berita merasa tenang berhadapan dengan wartawan
berkompeten karena pemegang kartu uji kompetensi wartawan (UKW) tidak
akan memelintir pernyataannya.

Demikian pernyataan dari Ketua Program Magister Ilmu Politik FISIP Undip Semarang Teguh Yuwono, Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikas (CISSReC) Pratama Persadha, pendiri Jaringan Advokasi Hukum dan Pemilu Jateng Purnomo, dan Presdir Indoguardika Cipta Kreasi (ICK) Agung Setia Bakti yang dihimpun Antara di Semarang, Jumat.

"Wah, tentu saja tenang dan senang bertemu dengan wartawan berkompeten. Tidak khawatir berita akan dipelintir di luar konteksnya. Ada proses check and recheck di sana," kata Agung.

Terkait dengan rencana PWI Provinsi Jawa Tengah akan melaksanaan UKW di Gedung Pers, Semarang, 20 s.d. 21 Oktober 2017, Teguh Yuwono mengatakan bahwa uji kompetensi wartawan ini untuk membuat standardisasi.

"Profesi wartawan harus kompeten dan kredibel serta profesional," kata Teguh menjawab pertanyaan apakah merasa tenang atau tidak waswas ketika menghadapi wartawan berkompeten.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Sasongko Tedjo mengatakan bahwa jumlah wartawan yang sudah memiliki sertifikat kompetensi wartawan terus bertambah.

Pelaksanaan UKW, kata Sasongko, berdasarkan Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan DP/II/2010 dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

"Anggota PWI saja sudah sekitar 8.000 orang. Belum dari organisasi wartawan lainnya," kata Sasongko yang pernah sebagai Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah.

Editor: D.Dj. Kliwantoro

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca