ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Selasa, 19 September 2017

"Setelah Makan Nasi Putih Gula Darah Melonjak Tinggi," kata Dokter Gizi

| 1412 Views
id setelah m akan nasi putih gula darah melanjak tinggi, kata dokter gizi
Sejumlah peserta mengikuti Lomba Makan Nasi Goreng Buto Ijo Suroboyo, di Surabaya, Sabtu (18/1). (ANTARA FOTO/Eric Ireng )
Jakarta, ANTARA JATENG -  Kantuk yang tak tertahankan lazim terjadi setelah makan, terutama setelah perut terasa kenyang.

Situasi yang juga disebut food coma, kondisi ketika rasa kantuk dan lemas melanda tubuh setelah makan, juga rentan terjadi setelah makan nasi putih.

Dokter spesialis gizi Samuel Oetoro mengatakan nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. "Setelah makan nasi putih, kadar gula darah melonjak tinggi, kemudian turun drastis, itu yang membuat orang jadi mengantuk," kata Samuel dalam peluncuran belVita Breakfast Pisang dan Sereal di Jakarta, Selasa.

Kondisi yang istilah ilmiahnya adalah postprandial somnolence ini bisa dihindari dengan menyeimbangkan makanan Anda.

Sesuaikan menu dengan kebutuhan gizi sesuai aktivitas Anda. Selain karbohidrat, isilah piring dengan protein dan sayuran hijau yang berserat dan baik untuk pencernaan.

Selain itu, jangan lupa menggerakkan tubuh secara aktif setelah makan dalam porsi besar. Cobalah berjalan kaki dari tempat makan siang saat kembali ke kantor, apalagi bila menunya didominasi karbohidrat.

Editor: Totok Marwoto

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca