ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Senin, 23 Oktober 2017

PN Temanggung Gelar Operasi Katarak Gratis

| 143 Views
id pn temanggung, operasi katarak
PN Temanggung Gelar Operasi Katarak Gratis
Ketua Pengadilan Negeri Temanggung, Ikhwan Hendrato (Foto: ANTARAJATENG.COM/ Heru Suyitno)
Temanggung, ANTARA JATENG - Pengadilan Negeri Temanggung bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bakal mengadakan bakti sosial operasi katarak gratis untuk masyarakat.

"Masyarakat Temanggung yang mempunyai gangguan penglihatan atau penderita katarak dapat melakukan operasi gratis pada 4 November 2017," kata Ketua Pengadilan Temanggung Ikhwan Hendrato di Temanggung, Kamis.

Pelaksanaan operasi katarak akan berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung.

"Saat ini sudah ada 170 orang pendaftar dan kami masih membuka kesempatan bagi penderita katarak yang lain untuk mendaftar di puskesmas terdekat di wilayah Kabupaten Temanggung atau di PN Temanggung," katanya.

Ia mengatakan berapa pun pendaftar akan diterima. Jumlah pendaftar tidak dibatasi.

Ia menuturkan bakti sosial dalam rangka Hari Jadi ke-183 Kabupaten Temanggung tersebut merupakan program dari Ditjen Peradilan Umum.

"Memang kelihatannya tidak nyambung, pengadilan menyelenggarakan operasi katarak, tetapi kami bicara dari sisi kemanusiaan, inilah wujud kepedulian kami terhadap sesama," katanya.

Selain operasi katarak, katanya juga diselenggarakan operasi hernia dan bibir sumbing, namun kuotanya terbatas dan pendaftarnya sudah penuh, yakni operasi hernia 26 orang dan operasi bibir sumbing dua orang.

Ia mengatakan untuk operasi hernia akan berlangsung pada 3 November 2017 di RSUD Temanggung, sedangkan operasi bibir sumbing belum ditentukan waktunya dan akan berlangsung di Jakarta.

"Bagi pasien yang akan melaksanakan operasi bibir sumbing bisa didampingi satu orang dan semua biaya termasuk biaya transportasi ke Jakarta kami tanggung," katanya.

Ia menuturkan operasi katarak dan hernia akan ditangani paramedis dari RH Klinik Jakarta dan RSUD Temanggung dan operasi bibir sumbing berlangsung di RH Klinik.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca