ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Senin, 23 Oktober 2017

Pemkab Batang-Polres Teken MoU Pembinaan Perekrutan Calon Polisi

| 213 Views
id Pemkab Polres Batang, MoU, Perekrutan Calon Polisi
Pemkab Batang-Polres Teken MoU Pembinaan Perekrutan Calon Polisi
Bupati Batang Wihaji lakukan MoU dengan Polres Batang tentang Pembibaan Rekruitmen Anggota Polri, Jumat (13/10/2017). (Foto: ANTARAJATENG.COM/Kutnadi)
Batang, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan kepolisian resor setempat melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait dengan pembinaan perekrutan anggota Polri.

"Pembinan rekrutmen anggota Polri merupakan terobosan baru kepolisian yang luar bisa. Hal ini dapat memberikan kesempatan pada masyarakat Kabupaten Batang yang ingin mengabdikan diri sebagai polisi untuk didik sebelum mendaftar anggota Polri," kata Bupati Batang Wihaji di Batang, Jumat.

Ia mengatakan hal itu pada penandatangan nota kesepahaman tersebut di Aula Kantor Bupati Batang. Nota tersebut ditandatangani oleh Bupati Batang Wihaji dan Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga.

Pemkab akan menganggarkan Rp100 juta untuk mendidik 40 remaja atau siswa yang berprestasi sebagai calon peserta seleksi penerimaan calon anggota Polri.

"Siswa yang nanti akan dibina ukurannya adalah mereka yang berprestasi, seperti atlet, penghafal Al Quran dan prestasi yang lainya. Kita akan segera bentuk tim dari pemkab untuk pola rekrutmennya yang setelah itu untuk diserahkan pada polres agar mendapat didikan," katanya.

Ia minta pada Dinas Pendidikan dan Olah Raga serta kepala desa menyosialisasikan hal itu agar masyarakat bisa mengetahui tentang nota kesepahaman Pemkab Batang dengan Polres Batang tersebut.

Perekrutan anggota Polri, ujarnya, akan dilaksanakan secara transparan, akuntabel, dan profesional.

"Kami minta hal itu segera disosialisasikan karena masyarakat berpengharapan bisa diterima menjadi anggota Polri. Kami menargetkan ada 50 persen bisa diterima menjadi bintara polisi dan kalau bisa masuk Akademi Kepolisian," katanya.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan penandatanganan nota kesepahaman itu perintah langsung dari Kapolri agar pelajar berprestasi bergabung menjadi anggota Polri yang profesional.

"Kebijakan ini juga dalam rangka perekrutan anggota Polri yang bersih dan transparan dalam proses perekrutan. Kita akan didik siswa-siswi yang berpreatasi dengan harapan dapat mencetak kader polisi yang memiliki integritas yang tinggi," katanya. 

Editor: Achmad Zaenal M

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca