ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Selasa, 19 September 2017

Nelayan Jepara Minta Dibantu Paket Konversi Elpiji

| 443 Views
id Nelayan Jepara, Konversi Elpiji
Nelayan Jepara Minta Dibantu Paket Konversi Elpiji
Seorang nelayan menarik perahu ke daratan. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Sumarwoto)
Jepara, ANTARA JATENG - Nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang mayoritas nelayan tradisional berharap mendapatkan bantuan paket konversi bahan bakar minyak (BBM) ke elpiji dari pemerintah, kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara, Sudiyatno.

"Nelayan dari kabupaten tetangga juga sudah mendapatkan bantuan paket konversi BBM ke elpiji. Harapan kami, nelayan Jepara juga mendapatkan bantuan serupa," ujarnya di Jepara, Rabu.

Apalagi, lanjut dia, penggunaan gas untuk mengoperasikan mesin perahu cukup menghemat dan biaya operasional nelayan juga lebih rendah, dibandingkan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar maupun premium.

Sebelumnya, kata dia, nelayan di Kabupaten Jepara memang pernah mendapatkan bantuan sebagai proyek percontohan.

Ia memperkirakan, bantuan tersebut diberikan untuk nelayan di Kecamatan Mlonggo, Tubanan, Bandungharjo dan Bondo.

"Masing-masing daerah mendapatkan satu paket konversi BBM ke gas," ujarnya.

Informasinya, lanjut dia, satu tabung elpiji ukuran 3 kilogram bisa digunakan untuk tiga kali melaut, sedangkan menggunakan BBM jenis solar ataupun premium setiap melaut membutuhkan 10 liter BBM.

Sementara harga jual elpiji 3 kg, kata dia, di pasaran sekitar Rp18.000, sedangkan harga premium per liternya sebesar Rp6.450 per liter dan solar Rp5.150.

"Kalaupun nantinya paket konversi benar-benar direalisasikan, kami berharap suplai elpiji 3 kg untuk nelayan dikelola oleh koperasi nelayan," ujarnya.

Hal itu, lanjut dia, bertujuan untuk memastikan ketersediaan pasokan elpiji untuk nelayan, sehingga ketika dibutuhkan para nelayan benar-benar tersedia.

Ia juga berharap, ketika paket konversi diberlakukan, harga elpiji 3 kg tidak mengalami kenaikan, sehingga tujuan konversi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan benar-benar bisa terwujud.

Sementara jumlah perahu nelayan di Kabupaten Jepara sebanyak 3.000-an unit dengan berbagai ukuran.

Jumlah terbanyak, merupakan kapal berukuran 6-9 GT, sedangkan kapal berukuran 10 GT mencapai 15-an kapal, sedangkan di atas 10 GT sebanyak 31 kapal, dan kapal berukuran 15-29 GT tercatat hanya dua unit kapal.

Editor: Achmad Zaenal M

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca