ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Minggu, 22 Oktober 2017

Kudus Siapkan Pemandu Wisata untuk Pemudik

| 276 Views
id wisata kudus, jawa tengah, menara kudus
Kudus Siapkan Pemandu Wisata untuk Pemudik
Beberapa pengunjung melihat koleksi sigaret kretek tangan di Museum Kretek Kudus, Jawa Tengah. (FOTO ANTARA/Wihdan Hidayat)
Kudus, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan pemandu wisata untuk melayani pemudik yang dalam perjalanan, singgah untuk bermalam, menikmati kuliner atau berbelanja oleh-oleh khas di dalam kota.

"Kami persilakan pemudik dari luar kota untuk masuk ke Kota Kudus karena kami siap melayaninya," kata Bupati Kudus Musthofa seusai apel gelar pasukan kesiapan Operasi Ramadniya Candi 2017 di Alun-alun Kudus, Senin.

Ia mengatakan, pemudik yang masuk ke Kota Kudus akan diperkenalkan sejumlah potensi wisata yang dimiliki oleh Pemkab Kudus.

Apalagi, lanjut dia, Pemkab Kudus juga menyiapkan pemandu yang siap mengantar pemudik.

"Hampir semua SKPD kami libatkan, termasuk belasan unit kendaraan juga disiapkan untuk melayani pemudik," ujarnya.

Jika pemudik ingin makan makanan khas Kudus atau membeli oleh-oleh khas Kudus, kata dia, pemandu siap mengantarkannya, termasuk ketika harus berbelanja ke beberapa tempat.

Bagi pemudik yang hendak menginap, kata Musthofa, Pemkab Kudus juga menyiapkan penginapan di kawasan objek wisata Colo.

"Nantinya, pemandu yang bertugas akan dibagi berdasarkan sif," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Yuli Kasiyanto mengungkapkan, saat ini sudah disiapkan jadwal tugas para pemandu wisata yang dibagi menjadi tiga sif.

Nantinya, lanjut dia, pemudik yang membutuhkan panduan bisa mendatangi posko bahagia yang berada di kompleks Terminal Induk Jati Kudus.

Di posko tersebut, kata dia, terdapat leaflet yang berisi potensi wisata, kerajinan, maupun kuliner khas Kudus yang bisa dilihat oleh pemudik sebelum berkunjung ke beberapa tempat yang diinginkan.

"Pelayanan yang diberikan oleh pemandu wisata merupakan layanan gratis, sehingga pemudik tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, ketika pemudik hendak menginap, namun tidak mendapatkan kamar hotel karena penuh bisa menggunakan Hotel Graha Muria secara gratis.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengungkapkan, dalam rangka pengamanan arus mudik Lebaran 2017, telah disiapkan lima pos pengamanan.

"Satu dari kelima pospam tersebut berfungsi sebagai pos pelayanan," ujarnya.

Adapun lokasi pospam tersebut, yakni di Alun-alun Kudus, ADA swalayan, SPBU Kerawang, Matahari Plasa dan Terminal Induk Jati Kudus.

Terkait dengan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas, kata dia, Polres Kudus akan menempatkan personel serta berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kudus untuk dilengkapi lampu peringatan.

Ia mengatakan, sejumlah tempat keramaian, seperti pasar tradisional maupun tempat perbelanjaan modern akan menjadi perhatian dalam pengamanan.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca