ANTARA Jateng - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menghentikan pemberian izin galian C sementara pada pengusaha galian, menyusul surat edaran dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral yang meminta kepala daerah tidak memberikan izin usaha penambagan.
Kepala Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (KPMPPT) Kabupaten Batang Sri Purwaningsih di Batang, Minggu, mengatakan bahwa pihaknya sudah membahas surat edaran dari Kementerian ESDM itu bersama instansi terkait lain sebagai upaya menentukan langkah agar tidak menimbulkan masalah terhadap masyarakat.

"Sejumlah pengajuan izin galian C dari masyarakat yang sudah terlanjur masuk ke KPMPPT, kini belum bisa kami proses atau dihentikan sementara," katanya.

Menurut dia, bahwa pemkab belum bisa memastikan apakah pengajuan izin galian C yang sudah terlanjur masuk dan diajukan sebelum 6 Maret 2012 ke KPMPPT nantinya bisa diraelisasikan atau tidak.

"Surat edaran (SE) dari Kementerian ESDM keluar pada tanggal 6 Maret 2012. Jadi, kami belum bisa menentukan apakah pengajuan izin galian dari masyarakat itu akan diberikan atau tidak," katanya.

Pengusaha galian C, Sumarsono berharap pemkab mempermudah dan mempercepat pemberian izin galian C pada pengusaha galian C.

Selain itu, kata dia, pemkab juga memberikan jangka waktu perizinan tidak hanya berlaku satu tahun, tetapi lebih lama lagi.

"Kami meminta pemkab mempermudah perizinan galian C, apalagi Batang kini ada proyek rel ganda dan proyek lainnya yang akan membutuhkan barang meterial galian C," katanya.

Editor : Hernawan W


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar