ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Selasa, 23 Mei 2017

Bupati Kudus Sampaikan SPT Lewat E-Filing

| 276 Views
id bupati kudus, spt, e filing
Bupati Kudus Sampaikan SPT Lewat E-Filing
Bupati Kudus Mushtofa didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus Bernadette Ning Dijah Prananingrum di pendopo Kudus, Senin (20/3) menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (PPh) tahun pajak 2016 secara elektronik (elektronic filing). (Foto: ANTARAJATENG.COM/Akhmad Nazaruddin Lathif)
Kudus, ANTARA JATENG - Bupati Kudus, Jawa Tengah, Musthofa menyampaikan surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan 2016 secara elektronik (elektronic filing), Senin, untuk memberikan contoh masyarakat agar menyampaikan SPT PPh tepat waktu karena prosesnya lebih mudah.

"Penyampaian SPT PPh kini lebih mudah karena bisa melalui internet. Sudah saatnya, penyampaian SPT menjadi sebuah kewajiban yang tidak perlu lagi ditagih petugas pajak," kata Bupati Kudus Musthofa ditemui usai menyampaikan SPT PPh melalui e-filling dengan didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus Bernadette Ning Dijah Prananingrum di Pendopo Kudus, Senin.

Ia mengatakan pajak yang dibayarkan masyarakat, nantinya juga digunakan untuk pembiayaan pembangunan.

Menurut dia, KPP Pratama Kudus perlu memberikan pemahaman kepada wajib pajak tentang manfaat pajak yang dibayarkan.

"Saat ini, bukan lagi pekan panutan melainkan pekan kewajiban membayar pajak," ujarnya.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus Bernadette Ning Dijah Prananingrum mengungkapkan, penyampaian SPT PPh melalui e-filing memang masih perlu ditingkatkan.

Apalagi, lanjut dia, saat ini semua wajib pajak sudah memiliki electronik filing identification number (EFIN) sebagai syarat untuk menyampaikan SPT PPh secara elektronik.

Ia mengatakan penyampaian SPT secara elektronik memudahkan wajib pajak, karena penyampaiannya tidak perlu datang ke kantor KPP Pratama Kudus.

"Bahkan, penyampaian SPT bisa dilakukan kapan saja dan tidak terikat jam kerja," ujarnya.

Kalaupun masih ada wajib pajak yang menyampaian SPT PPh secara manual, katanya, nantinya tetap dimasukkan ke data base secara elektronik dengan cara dipindai.

Untuk itu, lanjut dia, wajib pajak didorong untuk memanfaatkan kemudahan fasilitas, karena mereka bisa menyampaikannya melalui telepon genggam.

Dalam rangka membantu masyarakat menyampaikan SPT PPh secara elektronik, katanya, di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kudus disediakan komputer 20 unit.

"Kami juga menyiapkan petugas untuk memandu wajib pajak menyampaikan SPT secara elektronik, termasuk jika hendak menyampaikan melalui telepon genggam," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah wajib pajak yang menyampaikan SPT PPh tahun pajak 2016 secara elektronik hingga saat ini tercatat sebanyak 18.000 wajib pajak dari total wajib pajak sebanyak 44.000 wajib pajak.

Pada tahun pajak 2015 yang disampaikan pada tahun 2016, katanya, berjumlah 22.000 wajib pajak. 

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca