ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Senin, 23 Oktober 2017

Berkas Keanggotaan PDIP Kudus Dinyatakan Lengkap (VIDEO)

| 144 Views
id dpip kudus, kpu kudus
Berkas Keanggotaan PDIP Kudus Dinyatakan Lengkap (VIDEO)
Anggota KPU Kudus Naily Syarifah menyerahkan "check list" hasil pemeriksaan berkas salinan dokumen keanggotaan PDIP Kudus karena sudah lengkap kepada Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kudus Musthofa di aula KPU Kudus, Kamis (12/10). (Foto: ANTARAJATENG.COM/Akhmad Nazaruddin Lathif)
Kudus, ANTARA JATENG - Berkas salinan dokumen keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum setempat dinyatakan lengkap dan sesuai data Sistem Informasi Partai Politik.

"Jumlah anggota PDIP Kudus yang didaftarkan ke KPU Pusat totalnya sebanyak 1.574 orang," kata anggota KPU Kudus Naily Syarifah ditemui usai menerima Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kudus Musthofa beserta jajarannya di KPU Kudus, Kamis.

Dengan demikian, lanjut dia, berkas salinan dokumen keanggotaan partai, seperti salinan fotokopi KTP dan kartu tanda aggotanya juga harus disesuaikan dengan data tersebut.

Adapun syarat minimal keanggotaan partai di Kabupaten Kudus, kata dia, sebanyak 832 orang, sedangkan yang didaftarkan ke KPU Pusat oleh pegurus partai pusat sebanyak 1.574 orang.

Setelah berkas yang diterima KPU Kudus diperiksa, kata dia, jumlahnya sama dengan Sipol sebanyak 1.574 orang.

Untuk sementara, kata dia, KPU Kudus memberikan "chek list" kepada DPC PDIP Kudus, karena untuk mencetak tanda terima harus melalui Sipol.

Ia mengatakan, dari tiga parpol yang menyerahkan salinan dokumen keanggotaan hanya PDIP yang lengkap, sedangkan Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dinyatakan belum lengkap, sehingga berkasnya dikembalikan.

Sebelumya, kata dia, pengurus PDIP Kudus memang berkosultasi terlebih dahulu ke KPU Kudus terkait penyerahan berkas salinan keanggotaan partai tersebut.

"Kami menyarankan, jika belum lengkap sebaiknya dilengkapi terlebih dahulu. Jika dipaksakan, tentu berkas akan dikembalikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kudus Musthofa mengungkapkan, kedatangannya untuk menyerahkan berkas salinan keanggotaan partai.

Berdasarkan Sipol, kata dia, jumlah anggota PDIP Kudus sebanyak 1.574 orang, sedangkan berkas yang diserahkan setelah dicek ternyata tidak ada kekurangan.

"Kami juga ingin memberikan contoh untuk tertib aturan dan administrasi," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, jajaran pengurus hingga tingkat ranting dan Pengurus Anak Aabang (PAC) PDIP Kudus ditekankan untuk melakukan verifikasi keanggotaan.

Ia memastikan, jumlah keanggotaan yang diserahkan juga sesuai jumlah riil di lapangan, bahwa mereka memang anggota PDIP Kudus.

Proses pemeriksaan berkas salinan dokumen keanggotaan PDIP Kudus tergolong cepat, karena hanya berlangsung 17 menit.

Berkas salinan keanggotaan PDIP Kudus tersusun rapi di masing-masing kecamatan, sehingga memudahkan proses pemeriksaannya.

Apabila ada data keanggotaan partai yang ganda secara internal atau eksternal, maka KPU Kudus akan melakukan verifikasi faktual.

Penyerahan salinan bukti keanggotaan parpol kepada KPU kabupaten berakhir pada tanggal 16 Oktober 2017.

Sementara penelitian administrasi oleh KPU kabupaten, dijadwalkan 17 Oktober hingga 15 November 2017, sedangkan penyampaian hasil penelitian administrasinya dimulai 16-17 November 2017.

Hingga kini, parpol yang menyerahkan salinan dokumen keanggotaan baru Partai Perindo, PSI dan PDIP.

Adapun partai politik baru di Kabupaten Kudus diperkirakan ada lima, yakni Partai Perindo, Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Idaman, Partai Beringin Karya, dan Partai Garuda.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca