ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Minggu, 22 Oktober 2017

668 Atlet Ikuti Pekan Integrasi Kejuaraan Taruna di Akmil

| 2493 Views
id atlet, piktar, akmil
668 Atlet Ikuti Pekan Integrasi Kejuaraan Taruna di Akmil
Para atlet Akademi Angkatan Laut (AAL) melakukan defile pada pembukaan Pekan Integrasi Kejuangan Taruna (Piktar) ke-24 di Akmil Magelang. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Heru Suyitno)
Magelang, ANTARA JATENG - Sebanyak 668 atlet dari taruna Akademi TNI, Akademi Kepolisian, dan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri mengikuti Pekan Integrasi Kejuangan Taruna (Piktar) ke-24 di Akmil Magelang, Jawa Tengah.

Piktar yang mempertandingkan tujuh cabang olahraga ini dibuka oleh Komandan Jenderal Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Bayu Purwiyono di Stadion Saptamarga Akmil Magelang, Senin.

Piktar yang digelar pada 20-24 Maret 2017 ini berlangsung di dua lokasi yakni Akademi Militer Magelang dan Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

Pertandingan yang berlangsung di Akmil yakni military pentation terdiri atas shoting jarak 300 meter, obstacie swimming, throwing, dan cross cauntry. Kemudian pertandingan yang dilaksanakan di AAU, yakni renang, bulu tangkis, dan bola voli.

Bayu Purwiyono dalam amananatnya mengatakan Piktar merupakan kegiatan integratif dalam bentuk pertemuan olahraga yang melombakan dan mempertandingkan olahraga militer, olahraga umum dan eksebisi secara beregu maupun perorangan.

"Kegiatan yang dilaksanakan sekali dalam dua tahun ini bertujuan menciptakan semangat dan jiwa integrasi antarsesama taruna dan praja IPDN. Selain itu, Piktar juga merupakan upaya dan wahana untuk menumbuhkembangkan nilai semangat integrasi sekaligus untuk mewujudkan soliditas dan solidaritas secara konkrit dalam lingkup kehidupan taruna Akademi TNI, taruna Akpol, dan praja IPDN sebagai calon pemimpin TNI, Polri, dan birokrat masa depan.

Ia menuturkan kegiatan ini merupakan wadah bagi taruna Akademi TNI, Akpol dan praja IPDN untuk bersama-sama berintegrasi, bermitra, dan berkompetisi dengan menampilkan kemampuannya secara maksimal dan sportif dalam berbagai kegiatan yang dikemas dalam bentuk kompetisi dan eksebisi.

"Semangat integrasi dan kemitraan merupakan landasan moral dalam pengabdian kita kepada bangsa dan negara, sudah sepatutnya nilai tersebut dipahami, dihayati, dan diimplemantasikan dengan baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam mkehidupan sehari-hari," katanya.

Selain itu, katanya Piktar kali ini dijadikan sebagai ajang untuk memilih sekaligus mempersiapkan para taruna yang akan mewakili taruna Indonesia untuk mengikuti turnamen olahraga taruna sedunia ke-3 tahun 2018.

"Kegiatan integratif ini juga merupakan realisasi tri pola dasar pembinaan prajurit yang meliputi pembinaan mental kejuangan, pembinaan intelektual, dan pembinaan fisik sebagai upaya membina serta mencetak taruna dan praja IPDN menjadi sumberdaya manuasi yang unggul," katanya.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca